Ternak Penunjang Ketersediaan Pangan

Ternak Penunjang Ketersediaan Pangan
Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang saat memberikan arahan peningkatan kapasitas kelompok ternak Desa Sindanggalih.
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Kebijakan dan Strategi Peningkatan Volume Stok Pangan dan upaya peningkatan cadangan pangan Pemerintahan Kabupaten Sumedang disampaikan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Nandang Suparman.

Nandang Suparman memberikan arahan dan bimbingan kepada kelompok ternak di Desa Sindanggalih Kecamatan Cimanggung, baru-baru ini.

“Salah satu sektor yang dapat menunjang ketersediaan pangan adalah dengan meningkatnya produksi protein hewani,” terangnya.

Baca Juga:Kreatifitas UMKM Terkendala ModalIntip 3 Entrepreneur Muda Pemenang Pengusaha Muda Brilian 2022

Menurutnya no 18 tahun 2018 bahwa pangan merupakan segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan,
perikanan, peternakan, perairan, dan air.

“Baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia,” kata Nandang.

Termasuk di dalamnya, sebut dia, bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman.

“Sedangkan arah kebijakan yang diterapkan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan, yakni meningkatkan produktivitas dan daya saing produk perikanan dan peternakan,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga berupaya meningkatkan sarana-prasarana pengelolaan perikanan dan peternakan, mengendalikan fungsi lahan perikanan dan peternakan, implementasi teknologi dan metode budidaya pengolahan perikanan dan peternakan, meningkatkan koordinasi dan Kerjasama antar kelembagaan.

“Juga memperluas cakupan pasar hasil perikanan dan peternakan, meningkatkan kapasitas SDM (kualitas dan kuantitas) bidang perikaan dan peternakan, merumuskan sistem pengukuran kinerja pegawai perikanan dan peternakan berbasis berdasarkan capain kinerja,” kata Anndang membeberkan.

Dari data yang ada di Dinas Perikanan dan Peternakan harga pangan di Sumedang, pada 27 Desember 2022,
I Daging Ayam Rp 37.286
II Daging Sapi Rp 135.000
III Rp Telur Ayam Rp 30.571. (kos)

0 Komentar