Kota di Jawa Barat dengan Jumlah Penduduk yang Bikin Kamu Tercengang

Kota dengan kepadatan penduduk
Kota dengan kepadatan penduduk (tangkapan layar)
0 Komentar

sumedangekspres– Kota di Jawa Barat dengan jumlah penduduk yang bikin kamu tercengang, provinsi Jawa Barat ternyata memiliki kepadatan penduduk yang tinggi di Indonesia. Namun, ada beberapa kota yang penduduknya tinggi, standar bahkan rendah.

Kota di Jawa Barat dengan jumlah penduduk yang bikin kamu tercengang, dengan luas daerah sebesar 35.378 kilometer persegi, jumlah penduduk Jawa Barat pada tahun 2021 tercatat sebanyak 48,79 juta jiwa.

Itu berarti secara kepadatan penduduk, terdapat 1.379 jiwa warga Jawa Barat per kilometer persegi. Hal tersebut menjadikan Provinsi Jawa Barat menempati posisi kedua kepadatan penduduk setelah DKI Jakarta.

Baca Juga:Fenomena Viral Suara Lato-Lato Menurut Psikolog!Wagub Jabar Tinjau Lokasi Penerima Bantuan CSR Jabar Caang di Cilembu

Namun tahukah kamu, bahwa ada kota di Jawa Barat dengan jumlah penduduk hanya sekitar 200 ribu jiwa saja? Tinggal di tempat tersebut tentu akan menjadi solusi terbaik untuk menjauh dari keramaian.

1. Kota Sukabumi

Terletak di bagian barat daya pulau Jawa, Kota Sukabumi terdiri dari 7 Kecamatan dan 33 Kelurahan. Dengan wilayah yang dikelilingi oleh Kabupaten Sukabumi, kota ini terletak di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango dan memiliki ketinggian 584 meter dari permukaan laut.

Memiliki luas hanya 48,33 kilometer persegi, Kota Sukabumi hanya memiliki jumlah penduduk sebanyak 350.804 jiwa saja. Jauh sekali jika dibandingkan dengan kabupaten yang memiliki penduduk 2.761.476 jiwa.

2. Kota Cirebon

Kota berikutnya dengan jumlah penduduk sedikit di Jawa Barat, adalah Cirebon. Memiliki luas 37,36 kilometer persegi, Kota Cirebon merupakan dataran rendah dengan ketinggian sekitar 5 meter dari permukaan laut.

Jumlah penduduk Kota Cirebon berdasarkan data dari jabar.bps.go.id adalah sebanyak 336.864 jiwa saja dan tersebar di 5 kecamatan dan 22 kelurahan. Dengan data tersebut, Kota Cirebon menempati posisi kedua kota tersepi di Jawa Barat.

3. Kota Banjar

Posisi pertama daerah tersepi di Jawa Barat diduduki oleh Kota Banjar. Memiliki wilayah seluas 113,49 kilometer persegi, Kota Banjar berbatasan dengan dua kabupaten yang mengelilinginya, yaitu Kabupaten Ciamis dan Cilacap.
Per tahun 2021 diperkirakan penduduk Kota Banjar hanyalah 203.417 jiwa saja.

Bahkan kota ini hanya memiliki 4 kecamatan, 9 kelurahan dan 16 desa. Sebagai perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, kota ini merupakan pintu gerbang utama jalur lintas Selatan.

0 Komentar