Dongkrak Potensi Ekonomi Melalui Peternakan

0 Komentar

sumedang, SITURAJA – Meski wilayah Desa Cijati termasuk ke dalam kawasan semi perkotaan, namun untuk mengembangkan sektor peternakan, masih sangat berpotensi.

Sebab itu, peternakan menjadi salah satu program unggulan yang sedang digalakan pemerintah Desa Cijati Kecamatan Situraja.

Kepala Desa Cijati, Asep Junjun Junaedi mengatakan pihaknya memiliki tekad untuk mengembangkan sektor peternakan, dengan memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat petani.

Baca Juga:Stunting, Skala Prioritas Kelurahan KotakalerWagub Uu: Yakin Persib Libas Persija

“Untuk pengembangan ekonomi, kita harus melihat dulu kemampuan masyarakatnya,” katanya kepada Sumek, baru-baru ini.

Seperti masyarakat Desa Cijati yang sebagian besar berpropesi sebagai petani, maka pengembangan ekonomi melalui peternakan, tentunya akan lebih jauh epektif.

Saat ini, kata Asep, ada dua kelompok ternak yang eksis, bahkan satu kelompok sudah dapat program dari pihak ketiga, untuk kedepannya, program tersebut juga bisa dikembangkan ke kelompok ternak yang lainnya.

“Sudah ada beberapa ekor sapi yang dipelihara kelompok tetnak,” katanya.

Dengan adanya masyarakat yang mampu menunjukan eksistensi dan perkembangan ternak di desanya, maka Asep meyakini, masyarakat lainnya akan dengan mudah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Yang utama kita harus eksis dulu, setelah itu tanpa diminta pun, pasti banyak penawaran bantuan,” ucapnya.

Sebab itu, pihaknya menghimbau semua kelompok yang ada di Desa Cijati, agar bisa menjaga amanah bantuan dari pihak mana pun. (eri)

0 Komentar