Tips Manajemen Stress Yang Baik, Ini Caranya Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Tips Manajemen Stress
(Istimewa/Pintrest/Manajemen Stress
0 Komentar

Sumedangekspres – Manajemen Stress yang baik adalah suatu cara atau metode untuk mengatur dan mengendalikan stress supaya kesehatan mental tetap terjaga.

Tahukah kamu, tingkat stress yang begitu tinggi dapat menyebabkan beberapa permasalahan mental yang berbahaya. Tak hanya kesehatan mental stress juga dapat berpengaruh kepada kondisi fisik, dan emosional pada diri setiap individu.

Apa Itu Stress?

Stres merupakan suatu reaksi fisik dan psikis terhadap setiap tuntutan yang menyebabkan ketegangan dan menganggu stabilitas kehidupan sehari- hari, menurut WHO stress adalah reaksi / respon tubuh terhadap stressor psikososial (Priyoto, 2014:2).

Baca Juga:Dua Dekade Lagu MatramanLagi Rame! Lirik Lagu Kill Bill Dan Terjemahan – SZA

Penyebab stress bisa datang darimana saja dan kapan saja, stress juga tidak dapat di prediski

Jika tidak dikelola dengan baik, beberapa orang bisa saja “lari” atau mencari pelarian dari stres dengan melakukan hal-hal yang berdampak buruk, seperti:

  1. Merokok
  2. Minum alkohol secara berlebihan,
  3. Makan berlebihan atau sengaja tidak makan,
  4. Mengisolasi diri dan menjauhi orang-orang tersayang,
  5. Mengonsumsi obat-obatan terlarang,
  6. Menghabiskan waktu hanya untuk tidur,
  7. Menunda-nunda pekerjaan, hingga
  8. Melampiaskan stres kepada orang yang tak bersalah dengan melakukan kekerasan, marah-marah, dan sejenisnya.

Tingkat stress yang tinggi dapat menyebabkan gangguan mental hingga Depresi.

Maka dari itu, perlu sekali untuk mengetahui bagaimana cara manajemen stress yang baik untuk menjaga kesehatan mental tetap baik.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengendalikan stress yang baik .

Tips Manajemen Stress Yang Baik dan Benar

1. Mengidentifikasi atau Mengenali Penyebab Stress

Manajemen stress awal adalah tentang bagaimana kita menggerakan kinerja tubuh kita dari bagaimana cara kita berfikir, bekerja, melakukan kegiatan sehari-hari, mengatur jadwal hingga menyelesaikan masalah. Mengenali apa penyebab stress dalam diri akan mempermudah bagi kita untuk meminimalisir kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi. Misalnya, coba perhatikan apa saja yang membuat Anda stres belakangan ini.

Selanjutnya, tulislah jurnal selama kurang-lebih satu hingga dua minggu untuk memastikan apa kondisi tersebutlah yang membuat Anda sering merasa tertekan.

Catat dan pahami pula bagaimana diri Anda meresepons situasi tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memilih metode yang lebih tepat untuk mengelola stres di kemudian hari.

0 Komentar