Kenali Mental Block Dan Jenisnya, Hati-hati Ini Bikin Kamu Sulit Berkembang

Mental block
(Istimewa/Pinterest/)
0 Komentar

Sumedangekspres – Mental block adalah kondisi dimana otak kita melakukan penolakan terhadap pikiran atau ingatan tertentu dan tidak bisa mengendalikannya. Orang yang memiliki mental block cenderung akan kesulitan berkembang.

Menurut wikipedia, sebuah  blok mental adalah penindasan yang tidak terkendali atau represi pikiran / ingatan yang menyakitkan atau tidak diinginkan. Ini juga bisa menjadi ketidakmampuan untuk melanjutkan atau menyelesaikan rangkaian pemikiran, seperti dalam kasus blok penulis.

Jenis-jenis mental block

1.Self Doubt

Adalah kondisi dimana seseorang meragukan dengan kemampuan dirinya sendiri. Merasa dirinya tidak bis untuk melakukan ini dan itu, tanpa mencobanya terlebih dahulu. Kondisi ii adalah kondisi yang menjadikan diri anda mempunyai mental block, karena belum apa-apa sudah menjudge diri anda dengan ketidak mampuan. Jangan seperti itu ya.

2.Indecision 

Baca Juga:Foto Pilihan ONIC Vonzy, Cantik dan Imutnya Gak Ada Obat!BRI Jalin Kerja Sama dengan Oppo Indonesia Perluas Transaksi Digital

Seseorang yang bimbang, bingung dalam mengambil keputusan ketika dirinya diberikan atu dihadapkan dengan sebuah kesempatan yang cukup baik. Jika anda dihadapkan dengan sebuah kesematan yang akan membuat diri anda berkembang, ambil cobalah terlebih dahulu. Meskipun tidak semua percobaan pertama akan berhasil, dan tidak ada kata instan dalam sebuah proses.

3.Fix Mindset

Orang-orang yang memiliki fix mindset berpikir bahwasannya bakat atau kecerdasan yang dimiliki sesorang adalah bersifat tetap dan tidak akan berubah. Contohnya ketika sesorang yang memiliki fix mindset mengatakan ” pantes aja sukses, dia kan enak udah kaya dan pintar dari lahir.” padahal kita ga pernah tau bagaimana latar belakang usaha sebenarnyaa yang orang tersebut rasakan, padahal tidak semua orang berbakat akan berhasil. Semua orang pasti memiliki jalan dan ujian hidup masing-masing.

Dan kesuksesan seseorang ditunjang dari seberapa kuat usaha yang mereka lakukan, banyak orang yang berusaha keras tapi kurang berbakat namun bisa berhasil.

4.Comparison/Membandingkan

Seseorang dengan jenis mental blocking yang satu ini cenderung sering membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Orang tersebut sering sekali membandingkan usaha yang ia lakukan dengan usaha orang lain, sehingga tak jarang mucul rasa minder atau iri. Perlu diingat setiap orang memiliki proses berjuang berbeda-beda.

0 Komentar