Kenali Penyebab Jerawat Punggung Yang Membuat Tidak Nyaman

jerawat punggung
(Istimewa/pinterest/)
0 Komentar

Sumedangekspres – Jerawat punggung juga ternyata bisa mengganggu penampilan dan kenyamanan. Bahkan, jerawat punggung bisa terasa lebih menyakitkan dan menimbulkan masalah lebih serius daripada jerawat di wajah.

Ini karena kadang orang tidak menyadari di punggungnya muncul jerawat sehingga tidak melakukan tindakan khusus untuk menghilangkannya.

Punggung pun memiliki risiko yang sama, karena memiliki kelenjar minyak dan banyak terdapat folikel rambut.

Baca Juga:Konsisten Berinovasi Menjadi Fondasi Kesuksesan Transformasi Digital BRIPelaku Pencabulan Anak Dibekuk Kepolisian Sumedang

Sebelum mencari tahu bagaimana cara untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat punggung ada baiknya kita harus mengenal terlebih dahulu apa penyebab dari permasalahan munculya jerawat punggung.

Penyebab Munculnya Jerawat Punggung

1.Hormon

Umumnya, jerawat muncul saat produksi hormon tertentu mengalami peningkatan secara signifikan, seperti saat pubertas (usia 10–13 tahun), dan pada wanita saat menstruasi dan kehamilan. Selain itu, ketidakstabilan hormon pada penderita penyakit tertentu, misalnya ovarium polikistik, juga bisa memicu timbulnya jerawat. Pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak, kemunculan jerawat akibat ketidakstabilan hormon cenderung lebih banyak, termasuk di punggung.

2. Genetik 

Faktor genetik juga dapat menyebabkan seseorang lebih mudah berjerawat. Bila orang tua Anda memiliki jenis kulit berminyak, misalnya, Anda pun akan memiliki jenis kulit yang sama dan kemungkinan lebih mudah berjerawat, termasuk di punggung.

3. Pakaian

Pakaian ketat membuat kulit sulit bernapas dan menyebabkan penyumbatan keringat. Bila keringat tersumbat, maka akan memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Pakaian ketat tidak hanya memicu pertumbuhan jerawat di punggung, tetapi juga akan memperparah jerawat punggung yang sudah muncul.

4. Tempat tidur kotor
Seprai, bantal, guling, serta kasur wajib dibersihkan secara rutin. Jika ini tidak dilakukan, tempat tidur Anda bisa menjadi kotor, lembap, dan berminyak sehingga disukai bakteri untuk tinggal dan berkembang biak.

5.Konsumsi obat tertentu
Beberapa jenis obat dan suplemen juga bisa memengaruhi produksi hormon yang pada akhirnya memicu pertumbuhan. Contoh obat yang dapat memicu timbulnya dalah antidepresan, suplemen bubuk protein, suplemen yang mengandung hormon, atau pil KB dengan efek samping menimbulkan jerawat.

Jerawat yang muncul di punggung tidak selalu sama. Jerawat yang meradang akan berwarna kemerahan, bengkak, dan terkadang sakit saat disentuh. Ini jenis-jenis jerawat punggung:

0 Komentar