Komunitas Tangan Di Atas Diapresiasi Oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Komunitas Tangan Di Atas Diapresiasi Oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Komunitas Tangan Di Atas Diapresiasi Oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
0 Komentar

sumedangekpsresKomunitas Tangan Di Atas Diapresiasi Oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

TDA merupakan sebuah komunitas yang telah berdiri pada 22 Januari 2006 yang kini telah menjelma menjadi komunitas wirausaha terbesar di Indonesia yang tersebar di 102 kabupaten/kota dan empat negara, dengan lebih dari 30 ribu anggota terdaftar.

selama 17 tahun Komunitas TDA konsisten mengerek UMKM agar berkembang dan naik kelas yang membuat Gubernur Ridwan Kamil terkesan pada fakta tersebut.

Baca Juga:Sejarah Singkat Kesenian Kuda Renggong SumedangSurga Tersembunyi Di Sumedang, Keindahan Alam Di Curug Sabuk!

“Apa yang dilakukan Komunitas TDA sejalan dengan program Pemdaprov Jabar untuk mencetak banyak wirausahawan baru dan membantunya untuk berkembang ke skala yang lebih tinggi,” kata Ridwan Kamil saat menyampaikan sambutan di Pesta Wirausaha Nasional dalam rangka HUT ke -17 Komunitas TDA di Youth Center Sport Jabar, Arcamanik, Kota Bandung, Sabtu, 21 Januari 2023.

Ridwan Kamil juga mengatakan, Jawa Barat dengan penduduk sekitar 50 juta jiwa menyediakan iklim berwirausaha yang baik.

“Jawa Barat ekonominya bagus sekali. Ekspor tertinggi, investasi tertinggi. Ekosistem di Jabar adalah yang paling ramah terhadap bisnis,” ujarnya lagi. Ridwan Kamil.

Adapun program yang sudah berjalan di Jabar di antaranya pelatihan ekspor di UMKM Shoppee Ekspor, Kredit Mesra dengan melibatkan DKM dalam memberikan kredit tanpa bunga dan tanpa agunan kepada jamaah masjid, sekaligus sebagai upaya memberantas rentenir.

“Kita punya kampus ekspor yang khusus untuk UMKM. (Kita ingin bilang) Bahwa ekspor itu tidak susah,” sebut Ridwan Kamil.

Pesta Wirausaha Nasional digelar 21-22 Januari 2023 mengusung tema ‘Recover and Grow Together’. Tujuannya memberikan momentum bagi pelaku usaha untuk bisa bangkit dan bertumbuh pasca-pandemi COVID-19.

Selain Gubernur, turut hadir pengusaha yang juga Wakil Presiden RI periode 2014-2019 Jusuf Kalla.

Baca Juga:Ridwan Kamil Lantik 154 Kepala Sekolah dan 27 Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemda Provinsi JabarRevitalisasi Buat Situ Gede Jadi Destinasi Wisata Menarik

JK menilai, Jabar memiliki daya pikat investasi yang tinggi. Infrastruktur penunjangnya lengkap mulai dari pelabuhan, stasiun kereta api, dan infrastruktur lain.

Jusuf Kalla mengimbau generasi muda yang sedang menggeluti dunia bisnis agar terus mengasah kemampuan kreativitas, dan observasi pasar.

0 Komentar