Perkuliahan Libur, Roda Ekonomi Berputar Kendur

Kampus Libur, Roda Ekonomi Berputar Kendur
Kawasan Kampus Unpad Jatinangor sepi tanpa ada aktivitas kampus, hal itu sangat berimbas terhadap perekonomian warga sekitar, yang memang menggantungkan hidupnya dari UMKM.
0 Komentar

sumedang, JATINANGOR – Beberapa pedagang di area gerbang lama Universitas Padjajaran memilih untuk tidak berjualan lantaran, perkuliahan sedang libur semester.

Libur semester membuat pendapatan para pedagang berkurang.

Berbeda ketika perkuliahan di Universitas padjajaran tidak libur. Libur kuliah sangat berpengaruh terhadap warga terkhusus pedagang UMKM yang berada di sekitar Gerbang lama Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor (UNPAD).

Seperti yang dialami oleh pedagang di area gerbang lama Universitas Padjajaran Muna (43), dia mengaku pendapatannya mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Baca Juga:Sejarah Keretek di NusantaraHonda CB650R Naked Akan Segera Mengaspal Februari 2023

Selain itu menyatakan bahwa pendapatannya jauh berbeda bila dibandingkan ketika masa perkuliahan berlangsung.

“Omzet sangat jauh berbeda sebelum libur perkuliahan, kalo ketika perkuliahan berlangsung bisa mendapatkan Rp 500 ribu per harinya, bahkan paling gede bisa sebesar Rp 1 juta -Rp 1,5 juta per harinya.

Sedangkan sekarang mendapat setengahnya bahkan cuman dapat Rp 100 ribu saja,” ujar Muna saat di wawancara baru-baru ini.

Muna kini melakukan perubahan jam operasional jualannya. Jika biasanya buka pada pukul 06.00 dan tutup pukul 19.00 , kini hanya buka pada pukul 06.00 hingga pukul 17.00 .

Nasib serupa dirasakan oleh pengemudi ojek pangkalan Supriatna (55), libur semester membuatr penghasilannya menurun drastis.

“Situasi saat libur membuat sepi penumpang. Khususnya sekarang, sampai siang ini saya baru dapat satu penumpang jelas sangat berpengaruh terhadap penghasilan. biasanya ramai penumpang yang didominasi oleh mahasiswa. Namun ketika libur, sepi penumpang,”ungkap Supriatna.

Bukan hanya pendapatan dari penjual dan ojek saja yang berimbas, tetapi bisnis kos-kosannya pun ikut berimbas.

Baca Juga:10 Capaian Prestasi BRI di 2022 & Strategi Hadapi 202310 Capaian Prestasi BRI di 2022 & Strategi Hadapi 2023

Alasannya, karena tidak adanya kegiatan perkuliahan di kampus mahasiswa yang berasal dari luar kota memilih untuk kembali ke kampung halamannya.

Melihat kondisi ini tentunya berdampak pada pelaku UMKM khususnya di sekitar Gerbang lama kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor.

Muna dan Supriatna berharap agar segera memasuki waktu perkuliahan lagi dan aktivitas kembali normal seperti biasanya.

Sehingga usaha yang dikelola berjalan lancar seperti sedia kala dan penghasilan pun kembali normal.

Mereka juga berharap kepada mahasiswa untuk membantu memajukan usaha UMKM dengan cara membeli makanan pedagang sekitar ataupun memakai jasa seperti ojek pangkalan. (Mg 1)

0 Komentar