Mengenal Parenting Pada Anak, Apa Itu Parenting?

Parenting
(Istimewa/Pintrestparentsphotos/)
0 Komentar

Sumedangekspres – Parenting atau ilmu keorangtuan merupakan istilah yang baru-baru kini sering terdengar pada kasus beberapa anak atau orantua yang kurang mengenal hingga disebut-sebut salah mendidik bahkan gagal dalam pola asuh anak. Lantas apa sebeneranya parenting?

Apa Itu Parenting? 

Dilansir dari prenagen.com, bahwasannya parenting adalah sebagai berikut.

Parenting diambil dari sebuah kata bahasa Inggris yaitu ‘parent’, arti kata tersebut merujuk pada orang tua. Sedangkan dalam bahasa Inggris, kata imbuhan ing memiliki arti ‘kata kerja’ yang maknanya sedang melakukan sesuatu. Jadi jika dilihat dari makna parenting berdasarkan kosakata aslinya, artinya dari parenting adalah orang yang sedang melakukan atau mengerjakan aktivitas sebagai orang tua.

Selanjutnya kata parenting berdasar makan atau arti merupakan ilmu tentang mengasuh, membimbing, serta mendidik anak dengan cara baik dan benar. Orang tua merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya, oleh karena itu sebelum membimbing dan mengasuh anak, orang tua harus memiliki ilmu terlebih dahulu.

Baca Juga:Nonton Mencuri Raden Saleh lk21 Full Movie Kualitas HD, Sinopsis dan Daftar PemainBorderline Personality Disorder BPD Jangan Self Diagnose!

Jadi dapat disimpukan bahwasannya parenting adalah sebuah ilmu dalam pola mengasuh, mendidik serta membimbing anak yang dilakukan orangtua dengan cara atau metode yang baik dan benar.

Sekilas mungkin akan terlihat sederhana dalam sebuah pengasuhan, supaya anak anteng dan tidak rewel saja mungkin itu anggapan secara sederhana. Namun jangan salah, ternyata dalam pengasuhan tidak sesederhan itu.

Sebagai orangtua juga calon orangtua perlu rasanya untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana dan seperti apa, pola pengasuhan yang baik untuk diterapkan terhadap anak.

Penerapan pola asuhpun harus mengikuti perkembangan zaman, tidak bisa di zaman sekarang yang semakin maju sebagai orang tua daari anak milenial harus menerpakan pola asuh ala sesepuh atau orantua zaman dulu.

Pola pengasuhan jelas berbeda. Ayah dan Ibu tidak dapat serta merta berkiblat pada pola pengasuhan masa lalu, karena tentu saja zamannya berbeda. Ibu perlu mengikuti perkembangan zaman yang ada meskipun tetap dengan kontrol.

Parenting memang tidak dapat menentukan kesuksesan seorang anak di masa depan, namun jika parenting yang diterapkan tepat, anak akan tumbuh menjadi seseorang yang berkarakter, percaya diri, serta patuh pada orang tua.

0 Komentar