Mengenal SPF Dan PA, Apa Perbedaanya? Yuk Kenali lebih Lengkap Beserta Manfaatnya

tabir surya
(Istimewa/Pinterest/)
0 Komentar

Sumedangekspres – SPF Dan PA pada Sunscreen atau tabir surya pasti selalu mengandung kandungan SPF di dalamnya untuk melindungi tubuh dan kulit wajah kita dari paparan sinar matahari. Sering tercantum dalam kemasan dan sering disebutkan, namun ternyata banyak dari kita yang belum mengetahui apa itu SPF? dan apa kandungan sebenarnya.

Daripada semakin penasaran dan bertanya-tanya, Simak penjelasan singkat dalam artikel berikut ini.

Sinar UVA dapat menyebabkan kulit keriput dan penuaan dini, sedangkan UVB dapat menyebabkan kulit terbakar. Paparan sinar UV berlebihan dalam jangka panjang juga diketahui dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Baca Juga:Sinopsis dan Nonton Mangkujiwo 2 Legal, Lk21, Rebahin, Idlix dan Telegram: Menceritakan Sisi Kejam Manusia3 Cara Download Video Snack Video Tanpa Watermark Paling Mudah!

Oleh karena itu, kulit Anda membutuhkan perlindungan saat beraktivitas di bawah sinar matahari. Salah satu cara untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV berlebihan adalah menggunakan sunscreen atau tinted sunscreen yang memiliki kandungan SPF di siang hari.

Apa itu SPF?

Dilansir dari Alodokter.com SPF atau sun protection factor adalah angka yang mengacu pada level perlindungan terhadap sinar matahari. Angka SPF merujuk pada seberapa lama kulit Anda bisa bertahan di bawah sinar matahari tanpa mengalami sunburn (kulit terbakar) saat menggunakan sunscreen atau sunblock.

Contohnya, jika biasanya kulit Anda akan menjadi kemerahan setelah 15 menit terpapar sinar matahari langsung, dibutuhkan waktu 20 kali lebih lama bagi kulit untuk terbakar bila Anda memakai tabir surya dengan SPF 20. Ini artinya kulit Anda baru akan terlihat kemerahan setelah 5 jam terpapar sinar matahari.

Namun, meski telah menggunakan tabir surya dengan SPF 20, bukan berarti sebelum 5 jam kulit Anda akan aman sepenuhnya dan tidak terbakar sinar matahari. Ada banyak faktor yang turut memengaruhi intensitas paparan sinar UV.

Seseorang yang memiliki kulit putih akan lebih cepat mengalami sunburn daripada orang yang berkulit gelap. Selain itu, faktor geografis, seperti berada di dataran tinggi, bertempat tinggal di daerah sekitar garis khatulistiwa, atau sedang berada di pantai, juga dapat membuat kulit lebih cepat terbakar sinar matahari.

Angka SPF dan Manfaatnya dalam Melindungi Kulit dari Sinar UV

0 Komentar