Sekilas Sejarah Kerajaan Majalengka

Sejarah Kerajaan Majalengka
Sejarah Kerajaan Majalengka
0 Komentar

sumedangekspres – Sekilas Sejarah Kerajaan Talaga Manggung Majalengka Kerajaan Talaga Manggung atau disebut Kerajaan Talaga adalah kerajaan yang terletak di wilayah selatan Kabupaten Majalengka, merupakan negara yang berdaulat berdiri sendiri, yang didirikan oleh Rhakeyan Sudhayasa (batara gunung bitung), pada masa jayanya, oleh sebab itu hingga kini kerajaan talaga dikenal dengan sebutan kerajaan Talaga manggung.

Kerajaan Talaga Manggung didirikan kira-kira sebelum abad ke-15, oleh Sunan Talaga manggung putra Pandita Prabu Darmasuci putra Batara Gunung Picung l putera Suryadewata putera bungsu dari Maharaja Sunda yang bernama Ajiguna Linggawisesa (1333-1340) di Galuh Kawali, Ciamis.

lokasinya kini di kewadanaan Talaga adalah bekas salah satu kerajaan, yang terletak di Kabupaten Majalengka, bertahta bernama Sunan Talaga Manggung, asal keturunan Raja Prabu Siliwangi yang dimaksud mungkin Suryadewata putra Maharaja Ajiguna Linggawisesa.

Baca Juga:Sejarah Cadas Pangeran Dari Jaman BelandaTempat Wisata Bersejarah Sumedang

Kerajaan di Sangiang dia mempunyai dua orang putra, satu laki-laki dan satu perempuan, yang laki-laki bernama Raden Panglurah dan yang perempuan bernama Ratu Simbar Kencana.

Pada masa pemerintahan Prabu Ajiguna Linggawisesa, ibu kota Kerajaan Sunda beralih, dari Pakuan Bogor ke Kawali, Ciamis. Dari pernikahannya dengan Uma Lestari, Prabu Ajiguna Linggawisesa memperoleh putera, di antaranya:

  • Ragamulya Luhur Prabawa, atau Aki Kolot (kelak menjadi raja pengganti) Prabu Ajiguna Linggawisesa;
  • Dewi Kiranasari, diperisteri oleh Prabu Arya Kulon
  • Suryadewata, leluhur Kerajaan Talaga di Majalengka.

Dengan kata lain, Prabu Suryadewata adalah putra Prabu Ajiguna Linggawisesa penguasa Kerajaan Sunda, yang ditempatkan di Kerajaan Talaga dan kelak akan melahirkan raja-raja di Kerajaan Talaga sebagai negara bawahan Kerajaan Sunda Galuh di mana ayahnya Prabu Ajiguna Linggawisesa dan kakaknya, Prabu Ragamulya Luhurprabawa alias Aki Kolot (1340-1350) M berkuasa di Galuh Kawali Ciamis.

Berikut Sekilas Sejarah Kerajaan Talaga Manggung Majalengka.

0 Komentar