Amalan Doa Berbicara Di Depan Orang, Grogi Saat Berbicara Di Depan Banyak Orang?

Amalan doa berbicara di depan orang
Amalan doa berbicara di depan orang
0 Komentar

sumedangekspres – Amalan doa berbicara di depan orang Kemampuan berbicara sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Kemampuan berbicara di depan keramaian ini disebut public speaking.

Kemampuan berbicara ini secara tidak langsung kita perlukan dalam kegiatan sehari-hari, seperti halnya saat kita melakukan presentasi, berpidato di depan keramaian, dan lain sebagainya. Terlebih lagi bagi mereka yang bergelut di dunia komunikasi, kemampuan berbicara menjadi skill dasar yang harus mereka kuasai.

Walau tidak semua orang gemar akan seni berbicara ini, tapi ada saat-saat kita harus berbicara di depan kerumunan orang banyak. Mungkin terlihat simpel, “tinggal ngomong aja apa susahnya,” akan tetapi itu tidak semudah apa yang kita kira.

Baca Juga:Tempat nongkrong bernuansa semi outdoorApa Itu Thalassophobia ?

Kadang kala perasaan takut, cemas, gugup, dan gelisah selalu menghantui kita saat berbicara di depan umum, atau yang biasa disebut demam panggung. Itu merupakan hal lazim yang kerap terjadi pada semua orang.

Bagi sebagian orang, mereka memiliki cara tersendiri untuk mengatasi demam panggung terebut. Kamu juga bisa melafalkan doa ini sesaat sebelum kamu ingin berbicara di depan umum.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

“Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuanku dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku” (Q.S Thaha: 25-28).

Doa ini merupakan doa yang digunakan oleh Nabi Musa saat akan berdakwah di depan Firaun dan umatnya. Nabi Musa memohon kepada Allah SWT agar dipermudah, dilancarkan lisannya, serta apa yang disampaikan oleh Nabi Musa dapat mudah dimengerti dan dipahami.

Itu dia Amalan doa berbicara di depan orang  yang bisa kamu amalkan jika kamu berada di situasi yang mengharuskan kamu berbicara di depan umum. Tentunya dengan izin Allah SWT, semua urusan akan dipermudah.

0 Komentar