Freelance Sebagai Penari Tradisional Begini Tanggapan Selebgram Sumedang Mengenai Kesenian Sunda di Sumedang

Freelance Sebagai Penari Tradisional Begini Tanggapan Selebgram Sumedang Mengenai Kesenian Sunda di Sumedang
(Istimewa/Instagram @ow.zizi)
0 Komentar

sumedangekspres – Ziana Azahra freelance sebagai penari tradisional perempuan berusia 23 tahun lahir pada 12 Desember 1999 di Sumedang. Memiliki pengikut instagram sebanyak 22k dengan username @ow.zizi dan pengikut Tiktok sebanyak 136,5 K dengan username @itzee.an  menjadi penari lepas yaitu penari upacara adat sunda mapag panganten mengakui seni tari harus dilestarikan, terlebih ditengah era masa kini.

Menurut Ziana “Budaya sunda sendiri memiliki khas dan keunikan sendiri untuk tetap dilestarikan”

Berkecimpung di dunia penari tradisional atau freelance sebagai penari tradisional, Ziana menjadi penari lepas yaitu penari upacara adat sunda mapag panganten dan mengakui seni tari harus dilestarikan, terlebih ditengah era masa kini.

Baca Juga:Rekomendasi Penginapan Aesthetic dan Instagramable Untuk Staycation di BandungKrisis Edukasi Tentang Seks, Perlukah Pendidikan Seksual Pada Anak Usia Dini?

Melihat dari kemajuan dan perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini Ziana berpendapat harusnya terus ada upaya melestarikan kesenian tradisional. Termasuk salah satunya menggandeng pelaku seni dan generasi muda untuk menjaga seni budaya dan tradisi lokal.

Memperkenalkan tari tradisional dan kesenian sunda lainnya menjadi hal yang juga jadi tanggung jawab setiap generasi termasuk generasi muda.

Dengan masuknya berbagai budaya asing Ziana berharap kesenian sunda terus memiliki eksistensi yang tinggi dan terus beriringan dengan berjalannya perkembangan zaman.

0 Komentar