Intip Perbedaan Academic Smart dan Street Smart Menurut Psikologi

Intip Perbedaan Academic Smart dan Street Smart Menurut Psikologi
Pixabay
0 Komentar

sumedangekspres – Istilah Street Smart dan Academic Smart kini tengah menjadi perbincangan di kalangan masyarakat. Istilah itu berkembang seiring dengan adanya keingintahuan masyarakat dalam mengeksplor ranah pendidikan.

Kecerdasan akademik atau Academic Smart sangat identik dengan pendidikan, pelatihan, kelas, dan sebagainya. Tipe kecerdasan ini bersumber dari pemahaman teoretis seseorang mengenai fakta atau gagasan.

Sementara itu, Street Smart atau kecerdasan jalanan lebih identik dengan kapasititas seseorang untuk menjadi lebih adaptif dan peka terhadap lingkungan di sekitarnya. Tipe kecerdasan ini mampu membentuk mentalitas seseorang dalam mengarungi kehidupan yang sesungguhnya.

Baca Juga:Nonton 35 Film Bioskop Terbaru 2023 Legal, Layarkaca21, lk21, Indoxxi, Rebahin, Filmapik dan TelegramHiggs Domino RP APK Versi Lama v1.54 Free Chip Coin Download Terbaru Apakah Aman?

Ditinjau dari sudut pandang psikologi, Street Smart dan Academic Smart memiliki perbedaan fungsi. Orang yang cerdas secara akademik cenderung menggunakan kecerdasan mereka untuk menilai, menganalisis, dan mengevaluasi informasi. Tipe orang semacam ini sangat unggul ketika belajar di dalam kelas, mengikuti ujian, dan mempelajari hal-hal yang bersifat teoretis.

Mereka yang cerdas secara akademis meyakini bahwa nilai seseorang terletak pada kemampuan dalam menyerap informasi dan membaca buku, sehingga mereka cenderung mencari jawaban yang benar.

Sementara itu, orang dengan tipe kecerdasan jalanan memiliki kecenderungan yang berbeda. Mereka tumbuh dan berkembang dari pengalaman di kehidupan nyata. Seseorang belajar segalanya dari pengalaman pribadinya, dan itu bukanlah sesuatu yang dapat diajarkan di dalam kelas.

Menjadi Street Smart berarti mampu membaca kepribadian orang dan mengetahui kapan seseorang bermaksud untuk mengambil keuntungan darinya. Mereka dengan tipe kecerdasan jalanan tahu bagaimana berinteraksi dengan berbagai tipe orang, dan bagaimana mengurangi ketegangan dalam situasi yang buruk.

0 Komentar