Mengenal Apa Itu Trauma, Gejala Dan Faktor Penyebabnya

Trauma
(Istimewa/Pinterest/)
0 Komentar

SumedangekspresTrauma adalah sebuah respon emosional tubuh terhadap beberapa hal yang tidak mengenakan atau kurang baik atau peristiwa mengerikan seperti kecelakaan, pemerkosaan atau bencana alam. Yang bisa terjadi sebagai respons terhadap peristiwa yang membahayakan fisik atau emosional.

Trauma bisa muncul setelah kejadian maupun dalam jangka panjang. Ini tergantung dari jenis trauma yang dialami. Adapun jenisnya, di antaranya:

  • Trauma akut. Ini terjadi setelah peristiwa yang membahayakan keselamatan.
  • Trauma kronis. Ini terjadi setelah paparan peristiwa berulang dan berkepanjangan. Contohnya seperti pelecehan anak, intimidasi atau KDRT.
  • Trauma kompleks. Ini terjadi setelah paparan peristiwa traumatis.

Trauma Adalah 

Baca Juga:Parkir Berlangganan di Sumedang Tidak EfektifRisiko Penggunaan Gawai Berlebih Bagi Remaja

Merupakan sebuah respon emosional tubuh terhadap beberapa hal atau peristiwa yang mengerikan sehingga menyebabkan penderitanya bisa merasakan ketakutan terhadap sesuatu.

Bila berlanjut bisa menimbulkan trauma syndromatis disorder, ada gejala trauma setelah mengalami peristiwa traumatic tadi, akibatnya orang bisa mengalami fobia atau ketakutan ketika berjumpa dengan objek yang hampir mirip dengan objek atau peristiwa yang membuat dia trauma dan bisa mengakibatkan depresi berat.

Seseorang yang mengalami trauma akan mengalami perubahan prilaku pada dirinya. Awalnya dia biasa-biasa saja kemudian berubah menjadi menarik diri dari lingkungan sosial, yang terparah mengalami sulit tidur, mimpi buruk dan ketakutan. Hal ini bisa menyebabkan tidak nyaman bagi orang-orang yang mengalami trauma.

Perlu assessment penyebab pasti dari trauma untuk menentukan langkah-langkah pemulihan lebih lanjut. Trauma healing perlu dilakukan tapi membutuhkan proses apalagi pasien mengalami depresi dan fobia.

Trauma Healing sendiri adalah sebuah upaya penyembuhan atau pemulihan dari beberapa proses treatment yang dilakukan penderita atau dibantu juga oleh ahlinya.

Trauma bisa sembuh tapi tergantung penerimaan pasien dan keinginan menghilangkan perasaan depresi atau trauma dengan pendekatan kognitif.

Penyebab Trauma

Faktor penyebab trauma yang dialami seseorang bisa sangat bervariasi dan terkadang sulit ditebak harus melalui pendekatan khusus. Trauma emosional dan psikologis merupakan gangguan yang muncul setelah peristiwa menegangkan. Ini termasuk serangan fisik, pelecehan emosional atau verbal, teror atau bencana alam.

0 Komentar