Mengenal Apa itu Sindrom Cinderella Complex Dan Penyebabnya

Cinderella
(Istimewa/Pintrest/)
0 Komentar

Sumedangekspres – Sindrom Cinderella complex merupakan salah satu istilah baru dalam dunia psikiatri mengenai gangguan atau sindrom yang dialami seseorang yang pertama kali dicetuskan oleh Colette Dowling. Ia adalah seorang terapis asal New York sekaligus penulis buku The Cinderella Complex: Women’s Hidden Fear of Independence.

Apa Itu Sindrom Cinderella Complex?

Sindrom Cinderella complx umumnya terjadi pada perempuan, yang mana  tidak dididik untuk menghadapi ketakutannya, dan tidak diajarkan mengatasi segala masalahnya sendiri. Sehingga sindrom ini dapat diartikan sebagai sebuah keinginan di bawah alam sadar untuk diurus oleh orang lain. Kondisi ini digambarkan sebagai perempuan yang merasa sangat ingin dilindungi dan membutuhkan seorang pria sebagai tameng dalam kehidupannya.

Bak seorang seperti dongeng Cinderella, wanita dengan sindrom ini takut mandiri dan sangat berharap ada sosok lelaki yang bisa melindunginya dalam semua hal. Mereka sangat mengharapkan kehidupan yang secure dan ideal seperti dalam dongeng.

Baca Juga:Permudah Layanan Keuangan, BRI Jalin Kolaborasi dengan Bio Farma Bangun Ekosistem HealthcareMelesat! Transaksi Agen BRILink Nyaris Tembus Rp.1,3 Kuadriliun di Tahun 2022

Gejalanya juga hampir sama dengan Peter Pan Complex. Wanita dengan Cinderella Complex amat sangat tergantung dengan pasangannya. Mereka inginnya hanya dilayani, atau dalam istilah psikologis disebut dengan conditional positive regard (cinta bersyarat).

Sindrom cinderlla complex  sampai sejauh ini belum dilakukan penelitian secara detail kepada masyarakat, dan perlu di ketahui bahwasannya sindrom ini belum  atau tidak dinyatakan sebagi gangguan mental secara resemi oleh American Psychiatric Association (APA), selaku badan yang selama ini menjadi rujukan penentuan diagnosis gangguan kejiwaan di seluruh dunia, belum memasukkan Peter Pan Complex ke dalam klasifikasi gangguan mental.

Dilansir dari situs halodoc.com yang menyatakan bahwasannya, sindrom Cinderella Complex cukup dekat kaitannya dengan gangguan psikologis, yaitu gangguan kepribadian dependen.

Gangguan kepribadian dependen merupakan gangguan kepribadian di mana seseorang sangat tergantung dengan orang lain, sehingga nyaris tidak sanggup untuk hidup mandiri.

Penyebab Sindrom Cinderella Complex

Penyebab sindrom ini erat kaitannya dengan akibat dari pola asuh orang tua sejak dini. Perbedaan pola asuh antara anak laki-laki dan anak perempuan memang berbeda. Anak perempuan cenderung tidak diajarkan  untuk terbiasa cenderung lebih sedikit menerima dorongan untuk menjadi mandiri akibat pola asuh orang tua yang lebih protektif, serta sedikit tekanan untuk membangun identitas diri yang kuat.

0 Komentar