Bandrek, Minuman Khas Sumedang, Miliki Banyak Manfaat

Bandrek Minuman Tradisional Khas Sumedang – via Instagram: @theplantationcafe
Bandrek Minuman Tradisional Khas Sumedang – via Instagram: @theplantationcafe
0 Komentar

sumedangekspres- Daerah Sunda Jawa Barat memang terkenal dengan minuman penghangat tubuh, yaitu bandrek. Nah Sumedang sendiri sangat terkenal dengan bandreknya yang enak dan mantap. Minuman ini berbahan dasar air, jahe, gula merah, susu, garam, serai, dan daun pandan. Bandrek menjadi salah satu minuman favorit karena selain rasanya yang enak, tetapi juga memiliki kandungan gizi yang bagus untuk daya tahan tubuh. Selain itu, mainuman ini memiliki manfaat diantaranya :

1. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat minuman bandrek selanjutnya, yaitu menurunkan risiko kanker. Sebuah penelitian dari panduan praktis Asosiasi Farmasi Amerika menunjukkan bahwa minyak cengkeh yang terdapat dalam minuman bandrek memiliki senyawa antioksidan yang kuat. Sehingga terdapat zat proteksi anti kanker yang terkandung di dalamnya.

2. Mencegah Inflamasi

Salah satu manfaat minuman bandrek adalah mencegah peradangan atau inflamasi. Selain kaya antioksidan dari minyak cengkeh di dalam segelas bandrek, kandung flavonoidnya pun mampu meredakan peradangan atau inflamasi. Sangat dianjurkan bagi yang memiliki peradangan pada sendi untuk mengonsumsi minuman tradisional bercita rasa manis ini.

Baca Juga:Oncom, Makanan Khas SumedangKarakter Masing-Masing Generasi

3. Mencegah Virus dan Bakteri

Manfaat minuman bandrek selanjutnya, yaitu mencegah virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Pada kondisi tubuh melemah, berbagai virus atau bakteri bisa menyerang lewat berbagai hal. Dalam kondisi tersebut, tubuh tidak bisa memproteksi diri dari serangan bakteri atau virus.

Untuk mencegah virus dan bakteri tersebut, dibutuhkan minuman yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Minuman bandrek dipercaya kaya antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai virus dan bakteri. Dengan mengonsumsi minuman khas Sunda ini secara teratur, efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Minum bandrek secara rutin dan teratur juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan jahe dalam minuman bandrek bisa bantu turunkan tekanan darah tinggi, alasannya adalah di dalam jahe terdapat senyawa yang bisa bekerja sebagai pelebur pembuluh darah yang menggumpal. Jahe juga dapat digunakan sebagai perangsang pelepasan hormon adrenalin.

Dengan demikian, darah yang ada di dalam tubuh Anda bisa mengalir dengan lebih baik dan membantu meringankan tugas dari jantung pada saat memompa darah.

0 Komentar