Cisumdawu Disebut Tol Terindah di Indonesia, Ini Alasannya!

Cisumdawu Disebut Tol Terindah di Indonesia, Ini Alasannya!
Cisumdawu Disebut Tol Terindah di Indonesia, Ini Alasannya! (IG @indrasutantoo)
0 Komentar

sumedangekspres – Simak alasan kenapa Tol Cisumdawu disebut-sebut sebagai tol terindah di Indonesia.

Jalan tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) ini memiliki panjang jalan sekitar 61,5 Km yang menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, dan Majalengka.

Dewasa ini, pembangunan jalan tol bukan hanya berbicara tentang fungsi, namun juga keunikannya. Ini alasan kenapa Tol Cisumdawu disebut tol terindah dengan keunikannya.

Baca Juga:Kumpulan Komik Madloki Gratis Fullpack: Ada Cerita Citra Eps 4!Yacine TV Sport Live Streaming Apk Download 2023, Nonton Bola Hari Ini!

Kehadiran terowongan kembar yang dikenal dengan sebutan Twin Tunnel turut serta menambah keindahan Tol Cisumdawu ini.

Namun kamu harus tahu bahwa alasan kenapa Tol Cisumdawu disebut jalan tol terindah bukan hanya karena Twin Tunnwl saja.

Jika kamu penasaran, silahkan kamu simak penjelasan lengkap alasan kenapa Tol Cisumdawu disebut jalan tol terindah.

Alasan Cisumdawu Disebut Tol Terindah

1. Panorama Pegunungan

Tol Cisumdawu memiliki 3 pemandangan gunung di sepanjang rutenya. Adalah Gunung Manglayang di perbatasan Sumedang dengan Bandung.

Lalu Gunung Tampomas yang berada di Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang. Kemudian Gunung Ciremai yang terlihat dalam perjalanan ke arah Majalengka membuat keindahan tol ini semakin paripurna.

2. Twin Tunnel (Terowongan Kembar)

Tol Cisumdawu disebut sebagai Tol pertama di Indonesia yang memiliki Twin Tunnel. Dilihat darimana pun terowongan ini akan selalu tampak cantik.

Apalagi jika kamu merasakan sensasi saat memasuki terowongan kembar ini, rasanya seperti kamu sedang berada di luar negeri.

3. Taman Jalan Tol

Baca Juga:Pekerjaan Remote Berimplikasi Dengan Keterampilan Intercultural Yang Baik  Para Pemenang Miss Universe 2022 Dijadwalkan Akan Melakukan Pemotretan di Bali

Pengerjaan taman di jalan tol ini menambah kesan asri dan menyejukan dari Tol yang sebenarnya sudah begitu estetik dan memanjakan mata sejak awal.

Saat ini penataan taman sudah terlihat di Seksi 1 sampai dengan 3. Tetapi, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menginginkan agar taman di Seksi 4 juga memperhatikan aspek estetika.

4. Tantangan Alam

Pembangunan Tol Cisumdawu tidak lepas dari tantangan alam baik area perbukitan, tebing hingga sulitnya menghadapi tanah yang labil.

0 Komentar