Mengenal Gangguan Kepribadian Sosiopat

Mengenal gangguan kepribadian sosiopat.
Mengenal gangguan kepribadian sosiopat. Sumber : www.health.com
0 Komentar

Msumedangekspres – Anda mungkin pernah mendengar istilah “sosiopat” yang mengacu pada karakter dari film atau buku, bahkan mungkin orang sungguhan. Deskriptor sebenarnya terkait dengan kondisi kesehatan mental yang dikenal sebagai gangguan kepribadian antisosial, atau ASPD.

Sekitar 2% hingga 4% pria dan 0,5% hingga 1% wanita memiliki gangguan sosiopat, menurut tinjauan literatur tahun 2015 yang diterbitkan dalam Canadian Journal of Psychiatry. Prevalensi sosiopat atau ASPD memuncak antara usia 24 hingga 44 tahun.

Kadang-kadang, gejala sosiopat membaik dengan sendirinya saat orang tersebut memasuki usia 40-an. Menurut studi Canadian Journal of Psychiatry, ASPD dicirikan oleh pola perilaku yang tidak bertanggung jawab secara sosial, eksploitatif, dan tidak bersalah.

Baca Juga:Diamond FF Gratis 10000 Apk Asli Terbaru 2023Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar untuk Pemula

Orang dengan ASPD cenderung mengalami gangguan yang terjadi bersamaan dan kecanduan, termasuk gangguan depresi mayor, gangguan bipolar, gangguan kecemasan, gangguan gejala somatik, gangguan penggunaan zat, gangguan perjudian, dan gangguan seksual. Studi yang sama ini menyebutkan bahwa onset ASPD dimulai sejak masa kanak-kanak, dengan perilaku antisosial yang dimulai pada usia 8 tahun.

Apa yang menyebabkan seseorang menderita ASPD tidak jelas, meskipun menurut MedlinePlus, tampaknya ada komponen genetik. Faktor lain yang mungkin termasuk dilecehkan sebagai seorang anak dan memiliki orang tua dengan gangguan penggunaan zat.

Menurut MentalHealth.gov , sumber dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, orang dengan ASPD menunjukkan ciri-ciri sebagai berikut:

1. Mampu berakting jenaka dan menawan.

2. Pandai memuji dan memanipulasi emosi orang lain.

3. Berulang kali melanggar hukum.

4. Mengabaikan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

5. Memiliki masalah dengan penyalahgunaan zat.

6. Berbohong, mencuri, dan sering berkelahi.

7. Jangan menunjukkan rasa bersalah atau penyesalan.

8. Sering marah atau sombong.

0 Komentar