Sejarah Gunung Padang Piramida Tertua Di Dunia

Sejarah Gunung Padang
Sejarah Gunung Padang
0 Komentar

sumedangekspres – Sejarah Gunung Padang bagi yang belum tahu sama sekali, mungkin akan menyangka bahwa gunung tersebut berada di Kota Padang.

Namun bukan itu maksudnya, Gunung Padang adalah situs prasejarah kebudayaan megalitikum yang lokasinya berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Situs Gunung Padang kabarnya merupakan situs sejarah yang berusia 10 ribu tahun Gunung Padang dipercaya melalui proses pembuatan di masa yang sama dengan situs Göbekli Tepe di Turki, yaitu pada 8000 SM.

Baca Juga:Aplikasi Penghasil Uang Game Online Terbukti MembayarAplikasi Penghasil Uang Dengan Investasi

Namun, sempat terlupakan di tahun 1979 hingga beberapa warga sekitar menemukan keberadaan tumpukan batu-batu persegi besar.

Peradaban di Situs Gunung Padang lebih tua dari peradaban Mesopotamia di Irak dan Pyramid Giza di Mesir, yang selama ini dipercaya sebagai peradaban tertua di dunia dengan usia antara 2.500 hingga 4.000 tahun Sebelum Masehi.

Berdasarkan penelitian, situs Gunung Padang diperkirakan berusia sekitar 13.000 tahun sebelum Masehi. Di dalam situs Gunung Padang konon terdapat sebuah ruangan besar yang disebut-sebut berusia sekitar 10.000 tahun sebelum masehi.

Menurut sejarah Bentuk bangunan punden berundak situs Gunung Padang mencerminkan tradisi megalitik (mega berarti besar dan lithos artinya batu) seperti banyak dijumpai di beberapa daerah di Jawa
Barat.

Di kalangan masyarakat setempat, situs tersebut dipercaya sebagai bukti upaya Prabu Siliwangi membangun istana dalam semalam.

Berikut Artefak yang di temukan Di gunung padang berupa:

1. Metal Kuno atau Logam
2. Batu Piramida Tiga Sisi
3. Tembikar Purba Mirip Pisau
4. Semen Purba
5. Batu The Rolling Stone” Gunung Padang
6. Pecahan Keramik
7. Koin Amulet Gunung Padang
8. Artefak Mirip Kujang

Sejarah Gunung Padang Dahulu penduduk menganggapnya sebagai tempat Prabu Siliwangi membangun istana dalam semalam dan menjadi tempat semedi atau mendalami ilmu para leluhur hal ini yang membuat Gunung Padang sebelumnya dikeramatkan oleh warga setempat.

Baca Juga:Aplikasi Penghasil Uang Ojk Terbukti Membayar10 Aplikasi Penghasil Uang Resmi Dari Pemrintah

Namun, akhirnya di tahun 2018, Situs Gunung Padang resmi memiliki sertifikat sebagai cagar budaya yang membuat nama Gunung Padang berubah menjadi Cagar Budaya Nasional Gunung Padang.

0 Komentar