Pandawara, Sekelompok Pemuda yang Sering Membersihkan Sampah di Berbagai Lokasi, Masuk Koran Taiwan!

Pandawara, Sekelompok Pemuda yang Sering Membersihkan Sampah di Berbagai Lokasi, Masuk Koran Taiwan!
Pandawara/Instagram @pandawaragroup
0 Komentar

sumedangekspres – Pandawara, sekumpulan pemuda yang sering membersihkan sampah di berbagai lokasi, hingga kini berhasil masuk ke jajaran surat kabar Taiwan.

Pandawara adalah sekelompok pemuda asal Bandung yang viral karena peduli lingkungan. Mereka sering kali membersihkan sampah di sungai dan selokan.

Informasi bahwa para pemuda itu masuk ke berita koran Taiwan, didapatkan dari sebuah video TikTok dengan akun @1802ii5. Tulisan yang di video nya yaitu “GO INTERNASIONAL NIH PANDAWARA GROUP… KEREN❤”.

Baca Juga:OST “TXT Goodbye Now” Langsung Mendapatkan Pencapaian Ini!Sejarah Kota Sumedang : Singkat, Padat, & Jelas

Group itu sendiri berisikan sekumpulan anak muda yang terdiri dari lima orang yaitu, Rafi (22 tahun), Agung (22 tahun), Gilang (22 tahun), Ikhsan (21 tahun), dan Rifki (22 tahun).

Diketahui, saat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Pandawara Group, Tim Respons Cepat Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Jabar Quick Response (JQR) dan lainnya, berhasil mangangkut sampah seberat 5 ton di Sungai Cikeruh Bendungan, Jawa Barat.

Usman Mawardi dari JQR, mengatakan bahwa langkah Pandawara banyak menginspirasi anak muda untuk peduli akan sampah.

Ia juga berkata, kesadaran akan peduli sampah harus digalakkan dengan berbagai cara seperti halnya yang dilakukan oleh Group viral itu dengan memanfaatkan media sosial sebagai tools edukasi terhadap warga.

Gilang dari Pandawara mengaku, bahwa kegiatan yang dilakukan cukup berisiko pada kesehatan.

Gilang juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak yang terlibat khususnya JQR yang turut menyediakan peralatan keselamatan untuk berkegiatan di sungai.

“Terima kasih kepada semuanya yang sudah ngasih tenaganya ngasih waktunya udah mau bantu-bantu kita ngeberesin sungai. Kita apresiasi yang banyak untuk semua yang datang, terutama untuk JQR yang sudah support peralatan” kata Gilang.

Baca Juga:Buruan Daftar Kartu Prakerja! Benefitnya Ada Insentif Sebesar…HYBE Akuisisi SM, Knetz : Ini Perkembangan K-Pop Atau HYBE?

Di Hari Peduli Sampah Nasional, mereka juga berpesan kepada seluruh masyarakat seperti ini:

“setidaknya kalo enggak bisa mungut sampah, jangan jadi sampah”.

Sebelum masuk ke sungai, JQR yang berperan sebagai ‘Safety Officer’ berpesan kepada peserta kegiatan untuk memperhatikan keselamatan seperti, harus menggunakan pelampung, helm, dan sepatu boots.

Perlu diketahui juga, pada tanggal 22 Februari 2023 kemarin, mereka mendapatkan penghargaan “Indonesia Green Awards 2023” sebagai “The Best Green Communication 2023” dengan “Aksi Membersihkan Sampah yang Dijadikan Konten di Media Sosial Menjadi Viral dan Menginspirasi Banyak Pihak untuk Mengikuti Jejaknya”.

0 Komentar