Cara Membuat Puisi Yang Baik dan Benar, Mudah Banget!

Ternyata Begini Cara Membuat Puisi Yang Baik dan Benar, Mudah Banget!
Ternyata Begini Cara Membuat Puisi Yang Baik dan Benar, Mudah Banget! (bocahkampus)
0 Komentar

sumedangekspres – Cara Membuat Puisi Yang Baik dan Benar, mudah banget!

Zaman sekarang ini banyak sekali yang sangat berminat untuk membuat puisi, tetapi mereka pada tidak tahu bagaimana cara menulis puisi dengan baik dan benar.

Sebelum membahas mengenai cara membuat puisi, berikut ada beberapa teknik yang bisa anda praktikkan ketika akan menulis puisi

TEKNIK MENULIS PUISI

Berikut ini kami sajikan teknik menulis puisi yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga:Ternyata Begini! Cara Menggambar Pemandangan Alam Yang Mudah Tips And Trik Cara Menggambar Batik Yang Mudah 

1. Berkonsetrasilah dalam lima menit. Selama lima menit ini, temukan ide awal dengan mengandalkan kepekaan Anda dalam mengamati sekeliling atau mungkin memori Anda tentang masa lalu.

2. Tulislah daftar kata atau frase yang muncul dalam pikiran Anda berkenaan dengan ide awal Anda. Temukanlah kata-kata yang paling pas, kena, tepat, dan luar biasa.

3. Anda bisa menulis gagasan secara singkat dalam bentuk puisi. Ungkapkanlah lewat deskripsi, komparasi, atau klarifikasi sehingga membuat pembaca terpukau, terpesona, atau tersedu.

4. Baca nyaring puisi Anda. Yakinlah bahwa setiap kata, frase, dan kalimat memang sesuai dengan maksud Anda.

5. Mintalah teman Anda untuk membaca puisi Anda yang sudah jadi untuk memberikan komentar.

CARA MENULIS PUISI DENGAN BAIK DAN BENAR

Cara menulis puisi yang benar melansir buku “Asiknya Menulis Puisi” karya I Wayan Ardhika, berikut langkah-langkahnya:

  • Menentukan tema

Menentukan tema merupakan salah satu pondasi awal dalam menyusun puisi. Dengan mengetahui tema, kita akan lebih mudah dalam membuat puisi. Contoh dari tema ini seperti ketuhanan, alam, cinta, pendidikan, dan lain-lain.

Baca Juga:Bisa Bikin Awet Muda! Inilah Manfaat Bunga Telang Yang Jarang Diketahui OrangInilah Passing Grade Tes SKD CPNS 2023 Berdasarkan Permenpan RB Terbaru, Wajib CEK!

  • Menentukan jenis puisi

Setelah memilih tema untuk puisi, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis puisi yang akan kita buat. Terdapat banyak jenis-jenis puisi, dan kita dapat memilih salah satu yang kita inginkan. Jenis-jenis puisi yang ada di antaranya puisi lama, puisi baru, dan puisi kontemporer.

  • Menentukan judul

Dalam membuat puisi, bisa saja sebenarnya kita menulis puisi dahulu baru menentukan judul. Namun yang harus kita perhatikan adalah bagaimana judul tersebut bisa menarik dan sesuai dengan isi yang ada.

  • Mulai menulis puisi
0 Komentar