Fakta Menarik Alun-Alun Sumedang

gambar alun-alun sumedang
gambar alun-alun sumedang
0 Komentar

sumedangekspres- Alun-alun (dulu ditulis aloen-aloen atau aloon-aloon dan dengan keliru alon-alon) adalah suatu lapangan terbuka yang luas dan berumput yang dikelilingi oleh jalan dan dapat digunakan kegiatan masyarakat yang beragam. Setiap daerah memiliki alun-alun yang menyuguhkan berbagai keunikannya masing-masing, tak terkecuali alun-alun Sumedang. Fakta Menarik Alun-Alun Sumedang biasanya berkaitan dengan sejarah dibentuknya tempat tesebut.

Alun-alun sebagai tempat umum tentu pasti pernah dikunjungi oleh sebagian bersar wearga. Mereka dapat menafaatkan lahan ini untuk bermain, bersantai, atau bahkan menjadi tempat yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi, seperti berjualan. Berikut fakta menarik salah satu alun-alun yang ada di Daerah Jawa Barat yaitu, Sumedang.

  1. Desain dari Alun-Alun Sumedang dibuat oleh Kang Emil, notabene Gubernur Jawa Barat, yang merupakan seorang arsitek.
  2. Alun-Alun Sumedang tidak memiliki pagar pembatas yang mengelilingi kawasan alun-alun, sehingga terlihat luas dan juga lebih bersahabat.
  3. setiap sudut Alun-Alun memiliki fungsinya masing-masing, yakni:  Sudut sebelah selatan ada area playground, Sudut sebelah kiri terdapat permainan tempo dulu, Sebelah utara terdapat pojok baca, kolam mini, amphitheater, dan display dari para Bupati yang pernah memimpin Sumedang. Sedangkan di bagian tengah merupakan tempat mengadakan kegiatan formal seperti kegiatan upacara. Tepat berada di depan Masjid Agung Sumedang.
  4. Di luar area tersebut terdapat penyewaan kuda renggong. Seperti yang kita ketahui bersama, kuda renggong merupakan salah satu kesenian di daerah sumedang.
  5. Alun-Alun bersejarah dikelilingi oleh beberapa bangunan bersejarah, dan masih berdiri tegak hingga saat ini. Beberapa diantaranya:
    • Monumen Lingga,
    • Museum Prabu Geusan Ulun,
    • Gedung Bangkok atau Gedung Negara,
    • Masjid Agung Sumedang,
    • Serta ada pula Gedung MPP atau Mall Pelayanan Publik

Itu tadi Fakta Menarik Alun-Alun Sumedang yang perlu diketahui, terutama warga Sumedang.

baca : cara mencegah erosi tanah

0 Komentar