Wabup: Gerakan Pramuka Merupakan Cermin Peradaban Bangsa

Gerakan Pramuka Merupakan Cermin Peradaban Bangsa
Gerakan Pramuka Merupakan Cermin Peradaban Bangsa
0 Komentar

sumedangekspres – Gerakan Pramuka Merupakan Cermin Peradaban Bangsa, hal itu dikatakan Wakil Bupati sumedang Erwan setiawan  yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang, saat memimpin

Upacara Pembukaan Latihan Gabungan dalam rangka Peringatan Hari Bapak Pandu se-Dunia, Robert Baden Powell,  yang digelar di Geo Theatre Rancakalong, Kamis (2/3).

Dalam amanatnya Wabup mengatakan, selain peringatan Hari Lahir Bapak Pandu Dunia, Lorn Baden Powell setiap 22 Februari, khusus di Indonesia diperingati juga Hari Bapak Pramuka Indonesia setiap tanggal 12 April, yakni kelahiran Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang lahir pada 12 April 1912.

Baca Juga:Hadirkan Solusi Terintegrasi, Manfaat Holding Ultra Mikro Semakin Dirasakan Pelaku UsahaAyo, Kunjungi UMKM Expo di Sumedang, Sambil Nonton Festival Samroh

“Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi pendidikan kepramukaan di Indonesia ditetapkan pada Tahun 1961 berlandaskan pada Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka,” ujarnya.

Ia pun berharap dengan peringatan Hari Bapak Pramuka Sedunia, Gerakan Pramuka di Kabupaten Sumedang dapat mewujudkan cita-cita luhur Baden Powell.

“Saya harap dengan memperingati Hari Lahir Robert Baden Powell ini apa yang menjadi tujuan dan cita-cita pramuka kita praktikkan di lingkungan kita, “ujarnya.

Pada hakikatnya dijelaskan Wabup, Gerakan Pramuka merupakann pencerminan dari nilai-nilai budaya bangsa yang merupakan salah satu pancaran peradaban bangsa.

“Hal ini merupakan ciri khas yang membedakan dengan bangsa lain,” katanya.

Wabup menambahkan, latihan gabungan berlangsung selama sehari dan diikuti oleh 350 peserta dari Kwarran Kecamatan Rancakalong.

“Alhamdulillah kegiatan ini bertujuan meningkatkan kerja sama, merekatkan silaturahmi dan melatih adik-adik kita untuk lebih mandiri dan cinta tanah air, ” pungkasnya.

0 Komentar