Definisi Pendidikan, Tujuan, Dan Fungsi Menurut Para Ahli

Definisi Pendidikan, Tujuan, Dan Fungsi Menurut Para Ahli
Definisi Pendidikan, Tujuan, Dan Fungsi Menurut Para Ahli 9Istimewa/FabianInsane)
0 Komentar

sumedangekspres Definisi Pendidikan merupakan hal yang amat sangat penting dalam kehidupan manusia. Definisi Pendidikan sebagai lentera kehidupan, dimana zaman semakin maju dan teknologi semakin canggih. Banyak orang menganggap remeh mengenai definisi pendidikan, padahal saat ini orang yang tidak berpendidikan dianggap tak punya nilai sosial yang tinggi.

Semakin maju, dunia akan semakin melek dengan teknologi pendidikan. Sekarang apapun serba mudah diakses oleh jangkauan luas.

Tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan biaya lebih banyak untuk memperoleh pendidikan.

Baca Juga:Beberapa Ilmuwan Yang Berperan Penting Dalam Kehidupan ManusiaCara Mengerjakan Soal Matematika, Gak Ribet Lho!

Sebagai genersi penerus bangsa tentulah harus sangat paham betul akan pendidikan, apalagi di era zaman yang semakin maju dunia pekerjaan memerlukan latar pendidikan yang menentukan.

Oleh sebab itu, pendidikan menjadi amat sangat penting bagi siapa saja. Berikut definisi tentang pendidikan.

1. Pengertian Pendidikan

Dalam bahasa Inggris pendidikan berarti education. Sedangkan dalam bahasa latin berarti educatum yang berasal dari kata E dan Duco, E berarti perkembangan dari luar dari dalam ataupun perkembangan dari sedikit menuju banyak, sedangkan Duco berarti sedang berkembang.

Dari sinilah, pendidikan bisa juga disebut sebagai upaya guna mengembangkan kemampuan diri.

Menurut Wikipedia, pendidikan ialah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, serta kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, penelitian serta pelatihan. Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan ialah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang ataupun kelompok dalam upaya mendewasakan manusia melalui sebuah pengajaran maupun pelatihan.

Berikut pengertian pendidikan menurut para ahli Pendidikan:

Ki Hajar Dewantara, ia mengemukakan bahwa pengertian pendidikan ialah tuntunan tumbuh dan berkembangnya anak. Artinya, pendidikan merupakan upaya untuk menuntun kekuatan kodrat pada diri setiap anak agar mereka mampu tumbuh dan berkembang sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat yang bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan dalam hidup mereka.
Ahmad D. Rimba, pendidikan ialah bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh pendidik kepada peserta didik dengan tujuan membentuk kepribadian yang utama secara jasmani dan rohani.

0 Komentar