Jaipong Seni Budaya di Tanjungmedar, Sumedang

Jaipong Seni Budaya di Tanjungmedar, Sumedang
0 Komentar

sumedangekspres- Hiburan setiap daerah memiliki ciri khas yang  beragam, selain unik, hiburan juga memiliki daya tarik tresendiri oleh masyarakat di setiap kalangan. Tak heran, hibutan banyak diminati, karna bukan hanya mengibur, tetapi juga menjadi ciri atau identitas suatu daerah. Jaipongan adalah salah satu kesenian masyarakat sunda di Jawa Barat. Terkait seni budaya di Tanjungmedar, Sumedang masih terdapat beberapa jenis seni tradisional Sunda yang masih terpelihara. Kesenian Sunda yang masih ada diantaranya adalah Kuda Renggong, Jaipong dan Sinden.

Ciri khas kesenian ini adalah dari penarinya, kata Jaipong sendiri diambil dari gaya tari sang sinden, yaitu tari Jaipong. Sinden menari diatas panggung dengan menggunakan pakaian kebaya sebagai ciri khas pakaian adat Jawa Barat. Tarian “sinden” (baca: artis) jaipong, tidak seperti tarian penyanyi dangdut, yang kadang kala tariannya di isi dengan goyangan “ekstrem”.

Disamping tarian, karena jaipong seni musik urang sunda, maka dalam menyanyikan lagunya dilantunkan dengan menggunakan bahasa sunda. Juga alat musik jaipong pun masih bersifat tradisional sepertii kendang, rebab, calung, gong, kenongan, kecrek, dan lain sebagainya. Kendati demikian kesenian ini masih dilestarikan masyarakat setempat, terutama ketika acara hiburan suatu perayaan.

0 Komentar