Deretan Perguruan Tinggi Terbaik Jurusan Kedokteran, Wajib Tahu!

Deretan Perguruan Tinggi Terbaik Jurusan Kedokteran, Wajib Tahu!
Deretan Perguruan Tinggi Terbaik Jurusan Kedokteran, Wajib Tahu! (Istimewa/EdukasiOkezone)
0 Komentar

sumedangekspres – Perguruan tinggi merupakan tempat belajar dan menimba ilmu bangku perkuliahan dengan berbagai fakultas dan jurusan yang beragam. Salah satunya yaitu jurusan kedokteran yang menjadi salah satu jurusan yang paling menantang dan sangat diidamkan bagi setiap orang yang menyukai bidang kesehatan.

Beberapa perguruan tinggi memiliki fakultas kedokteran yang sangat unggul, perguruan tinggi negeri dan swasta saling berkompetisi untuk memberikan lulusan terbaik mereka.

Berikut beberapa perguruan tinggi dengan jurusan kedokteran terbaik di Indonesia, yuk simak baik-baik yaa!

Baca Juga:Kenali Jurusan Kedokteran, Persyaratan Jadi DokterWaspada Gangguan Mental Untuk Kamu Yang Hobi Rebahan

Berdasarkan data yang dihimpun dari situs resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), berikut adalah  kampus Kedokteran yang sudah terakreditasi A:

Universitas Airlangga (Unair)

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) merupakan fakultas kedokteran tertua ke-2 di Indonesia. Fakultas ini memiliki 28 departemen dan 43 program studi (prodi) yang terdiri dari 2 prodi S1, 6 prodi S2, 1 prodi S3, 2 prodi profesi, 25 prodi spesialis, dan 7 prodi sub spesialis.

Universitas Hasanuddin (Unhas)

Tanggal 28 Januari 1956 menjadi awal tonggak sejarah dunia kedokteran di Makassar dengan diresmikannya sebuah lembaga Pendidikan Dokter dengan nama “Fakultas Kedokteran Makassar” oleh Ir. R. Soewandi yang menjabat sebagi menteri P dan K pada saaat itu.

Persemian Universitas Hasanuddin oleh Wakil Presiden Drs. Moh. Hatta pada tanggal 10 September 1956 menyebabkan status Fakultas Kedokteran Makassar berubah menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Perubahan ini terjadi dikarenakan syarat pendirian universitas saat itu adalah minimal satu fakultas eksakta dan dua fakultas non-eksakta. Sehingga Fakultas Kedokteran Makassar dimasukkan untuk meyertai Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum yang lebih dulu hadir (8 Oktober 1984)

Universitas Padjadjaran (Unpad)

Sebagai institusi yang bersifat terbuka, FK Unpad menerima mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga mendorong kontribusi alumni yang lebih luas, tidak hanya di Jawa Barat, banyak alumni yang berkiprah di berbagai daerah di Indonesia dan bahkan di mancanegara.

FK Unpad mempunyai standar kualitas internasional, berbagai kerja sama dengan mitra luar negeri membuktikan pengakuan dan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengakselerasi upaya nyata dalam rangka peningkatan kontribusi FK Unpad bagi Jawa Barat maupun kepentingan Nasional.

0 Komentar