Fakta Menarik Bendungan Jatigede Sumedang

Fakta Menarik
Fakta Menarik
0 Komentar

sumedangekspres- Sumedang memiliki tempat wisata yang terkenal hingga ke manca negara yaitu bendungan atau waduk jatigede. tempat yang baru selesai di bangun beberapa tahun terakhir ini memiliki sejarah yang hingga kini masih terus dikenang oleh warga sumedang, terutama warga yang berdampak pembanguna bendungan. Fakta Menarik Bendungan Jatigede Sumedang

Banyaknya perumahan dan lahan pesawahan, perkebunan hingga tempat atau situs sejarah tergenang di tempat ini. Hal ini menjadi duka yang cukup mendalam bagi para warga yang tekena dampak kenggusuran. Harus kehilangan tempat tinggal dan lahan yang dimiliki.

Hingga kini, bendungan jatigede masih terus beroprasi, namun terdapat fakta menarik mengenai bendungan ini. Simak pemaparanya berikut ini Fakta Menarik Bendungan Jatigede Sumedang

Baca Juga:Wow Air Nira Mengandung Alkohol. Halalkah?Pohon Aren, Tumbuhan Sejuta Manfaat

  1. Berlokasi di 19 KM sebelah Timur kota Sumedang
  2. Pembangunan waduk ini telah direncanakan sejak zaman Hindia Belanda.
  3. Kala itu, Pemerintah Hindia Belanda merencanakan pembangunan tiga waduk di sepanjang aliran Sungai Cimanuk, dan waduk Jatigede merupakan waduk utama dan yang paling besar.
  4. Namun, pembangunan ketiga waduk itu mendapatkan tentangan dari masyarakat sekitar, sehingga pembangunannya pun dibatalkan.
  5. Baru pada tahun 1990-an, rencana pembangunan waduk Jatigede kembali menghangat.
  6. Langkah pertama yang dilakukan oleh pemerintah adalah merelokasi masyarakat yang tinggal di wilayah calon genangan.
  7. Relokasi pertama dilakukan pada tahun 1992.
  8. Konstruki waduk ini dimulai sejak 2008 dan diharapkan selesai 2015. Sementara pembangkit tenaga listrik diharapkan mulai beroperasi pada 2019.
  9. Kegunaan utama waduk ini adalah untuk irigasi. Selain itu, waduk ini juga akan menjadi pengendali banjir, menampung cadangan air, dan tentu saja pembangkit listrik tenaga air.
  10. Air di waduk ini akan digunakan untuk irigasi seluas 90 ribu hektar lahan pertanian dan menghasilkan listrik sebesar 10 MegaWatt.

Itu tadi Fakta Menarik Bendungan Jatigede Sumedang, semoga bermanfaat.

0 Komentar