Perkuat Tangkal Hoaks, Diskominfo Jabar Gandeng Pemda Kabupaten/ Kota

Perkuat Tangkal Hoaks, Diskominfo Jabar Gandeng Pemda Kabupaten/ Kota
Perkuat Tangkal Hoaks, Diskominfo Jabar Gandeng Pemda Kabupaten/ Kota (source ; jabarprov.go.id)
0 Komentar

PORTALJABAR, KAB. GARUT – Sejak tahun 2021 Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Jabar Saber Hoaks melakukan penanggulangan hoaks dan penguatan literasi digital di Jawa Barat yang berbasis kolaborasi melalui Program Replikasi pembentukan Unit Saber  Hoaks Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah mengharapkan, melalui kegiatan Replikasi ini, penanggulangan hoaks dapat diantisipasi dan dilokalisir oleh seluruh Unit Saber Hoaks Daerah di Jawa Barat.

“Melalui kegiatan Replikasi di 27 Kabupaten/Kota, ruang layanan aduan menjadi lebih luas dan terbuka. Masyarakat menjadi mudah menyampaikan aduan atau laporan isu hoaks yang diedarkan di masyarakat lewat media sosial,” ucap Ika, dalam Kegiatan Forum Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat TA. 2023, dengan tema “Transformasi Digital Layanan Publik”, di Kabupaten Garut, Senin (6/3/2023).

Baca Juga:Dirut BRI: 2023 Jadi Tahun Ekspansi, Masyarakat Jangan Takut Nabung dan Pinjam Kredit di BankRekomendasi Makanan Yang Cocok Untuk Dijadikan Takjil, Menjelang Bulan Ramadan Tahun 2023

Ika mengatakan, melalui replikasi, pemantauan terhadap isu hoaks di media sosial dilakukan oleh Unit Saber Hoaks Kabupaten/Kota di Jawa Barat, sehingga menambah energi dalam pengendalian hoaks di media sosial.

“Kehadiran Unit Saber Hoaks Daerah akan semakin mendekatkan kepada masyarakat dalam penanggulangan hoaks dan penguatan literasi digital,” ucapnya.

Pada tahun 2021, Replikasi Pembentukan Unit Saber Hoaks Daerah diikuti oleh 7 Kabupaten/Kota lewat Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten/Kota, diantaranya: Kab. Sumedang, Kab, Subang, Kota Cirebon, Kota Bandung, Kab. Garut, Kab. Bandung Barat, dan Kota Tasikmalaya.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada 7 daerah yang telah melakukan Penandatanganan Kerja Sama tersebut,” ujarnya.

Pada tahun 2022, seluruh Pemerintah Kab/kota melalui Dinas Kominfo se-Jawa Barat melakukan Penandatanganan komitmen bersama oleh 27 Dinas Kominfo Kabupaten/Kota pada tanggal 14 Juli 2022 di Kabupaten Pangandaran sebagai bentuk semangat bersama akan berkurangnya penanggulangan hoaks dan penguatan literasi digital secara kolaboratif.

Sejak awal Februari 2023, Jabar Saber Hoaks telah melakukan sosialisasi Replikasi Pembentukan Unit Saber Hoaks Daerah di 19 Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Dari hasil kunjungan tersebut, 16 Kabupaten/Kota telah siap melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama pada hari ini. Empat Perjanjian Kabupaten/Kota belum siap melakukan Penandatanganan Kerja Sama, diantaranya: Kota Cimahi, Kota Depok, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bogor.

0 Komentar