Contoh dan Tips Menulis Personal Statement untuk Melamar Kerja

contoh dan tips
contoh dan tips
0 Komentar

sumedangekspres- Contoh dan Tips Menulis Personal Statement untuk Melamar Kerja

Banyak yang mungkin mengira kalau personal statement hanya untuk calon mahasiswa. Padahal calon pegawai pun perlu contoh personal statement yang dapat meningkatkan kesempatannya diterima kerja.

Tak hanya untuk keperluan daftar kuliah ke jenjang yang lebih tinggi,  personal statement  juga dipakai pekerja untuk menonjolkan kelebihan.Nah, apabila kamu masih asing dengan penggunaan personal statement untuk lamaran kerja, sebaiknya simak terus penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Pernyataan Pribadi Apa Itu?

Pernyataan pribadi adalah laporan mengenai dompet, bakat, minat, dan tujuan yang ingin dicapai. Menurut Indeed , personal statement untuk universitas dan melamar pekerjaan memiliki konten yang serupa. Namun, pernyataan yang ditulis untuk universitas lebih panjang dan detail. Umumnya, pernyataan pribadi untuk universitas bisa tiga sampai empat paragraf. Sementara untuk melamar kerja biasanya hanya satu atau dua paragraf.

Tips Menulis Personal Statement

Baca Juga:Cara Nonton Film Argantara Full Movie LK21, Rebahin, Idlix, Telegram dan Resmi Terbaru 2023Cara Menjawab pertanyaan Saat Interview !

Reed menjelaskan bahwa cara menulis personal statement bergantung pada situasi atau kebutuhanmu saat ini. Dengan kata lain, apa yang kamu tulis saat masih fresh graduate dan sudah berpengalaman tentunya berbeda. Saat masih fresh graduate , kamu bisa menonjolkan kemampuan yang didapatkan selama berkuliah. Karena belum pernah bekerja, pengalaman yang dituliskan juga bisa dari project individu, pengalaman magang atau volunteer .

Sementara itu, jika sudah bekerja selama beberapa tahun, tentunya menonjolkan apa saja kemampuan dan penawaran yang telah didapatkan. Nah, sebelum melihat contoh personal statement , ketahui dulu tips menulisnya di bawah ini:

1. Tulis pengganti pribadi

Pada bagian awal, tuliskan pengantar berupa pengantar pribadi. Selain harus mencerminkan kepribadianmu, ceritakan juga gelar atau pengalaman kerja terakhir. Untuk melamar kerja, coba buat kalimat yang menjelaskan mengapa kamu tertarik daftar di perusahaan atau tertarik dengan posisi tersebut. Lalu, jelaskan mengapa kamu adalah calon kandidat yang sesuai dengan posisi tersebut.

2. Jelaskan kemampuan, keterampilan , dan pengalaman

Tulislah dengan detail apa saja kemampuan yang dimiliki serta pengalaman yang tentunya relevan dengan pekerjaan yang sedang dilamar. Beberapa hal yang bisa kamu cantumkan antara lain:

0 Komentar