Kisah Legenda Pantai Selatan Nyi Roro Kidul

Kisah Legenda Pantai Selatan
Kisah Legenda Pantai Selatan
0 Komentar

sumedangekspres – Kisah Legenda Pantai Selatan Banyak versi cerita rakyat tentang Nyi Roro Kidul. salah satunya adalah versi Banten ini. Konon Nyi Roro Kidul adalah putri Raja Prabu Siliwangi dari kerajaan Pakuan Pajajaran. Ibunya adalah permaisuri terkasih dari Prabu Siliwangi.

Sayang ibunya meninggal dunia pada saat Nyai Roro Kidul masih kecil. Nyai Roro Kidul asalnya bernama Putri Kandita, wajahnya sangat cantik melebihi kecantikan ibunya. Oleh karena itu, tidak heran Kandita pun menjadi putri kesyangan ayahnya.

Sikap Prabu Siliwangi ini telah menumbuhkan kecemburuan di antara selir dan putra-putri raja lainnya. Akhirnya, mereka bersekongkol untuk menyingkirkan Putri Kandita dari iingkungan istana Pakuan Pajajaran.

Baca Juga:Aplikasi Investasi Saham Favorit Sudah TerpercayaAplikasi Investasi Saham Mudah Bagi Pemula

Rencana jahat selir dan putra-putri raja pun terlaksana. Singkat cerita, Putri Kandita terserang penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Kulitnya melepuh dan di sana-sini banyak boroknya. Semula Putri Kandita dikucilkan, lalu diusir dari istana.

Putri Kandita pergi berkelana menuju arah selatan wilayah kerajaan. Dalam pengembaraannya, Putri Kandita sampai di sebuah aliran sungai. Tanpa ragu, Putri Kandita menghirup air sungai sepuas hatinya.

Setelah menghirupnya,,ia merasakan tubuhnya terasa segar. Kemudian ia menyusuri aliran sungai itu ke arah hulu.

Akhirnya, ia menemukan beberapa mata air yang menyembur sangat deras. Lantas ia berendam di dalam sungai. Kehangatan air sungai mampu membuat Putri Kandita betah berlama-Iama berendam.

Dalam kesendiriannya, ia menetap di dekat sumber air panas dan bersemadi dan melatih olah kanuragan. Setelah sekian lama tinggal dan mandi di sungai, tanpa disadarinya secara berangsur-angsur penyakitnya pun hilang.

Sekarang kulit dan wajahnya menjadi halus lagi. Kecantikannya pulih sperti sedia kala. Bukan main senang hatinya.

Setelah sembuh, Putri Kandita melakukan perjalanan ke arah hilir sungal. Putri Kandita terpesona saat tiba di muara sungai yang dekat dengan laut. Kemudian, ia memutuskan untuk bermukim di wilayah tepi laut sebelah selatan wilayah Pakuan Pajajaran.

Baca Juga:Aplikasi Investasi Saham Trading Resmi OJKAplikasi Penghasil Uang Investasi Saham Yang Menguntungkan

Selama menetap di sana, Putri Kandita dikenal luas oleh masyarakat sekitar. Ia adalah seorang wanita cantik yang memiliki kesaktian tinggi. Bahkan namanya terdengar hingga ke telinga para pangeran di kerajaan sekitar.

0 Komentar