Contoh Khutbah Jumat DiBulan Ramadhan

Contoh Khutbah Jumat DiBulan Ramadhan
Contoh Khutbah Jumat DiBulan Ramadhan
0 Komentar

sumedangekspres – Contoh Khutbah Jumat DiBulan Ramadhan

KHUTBAH PERTAMA:

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menjelaskan kepada RasulNya segala macam kebaikan. Tidak ada satupun kebaikan kecuali telah dijelaskan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dan tidak ada satupun

keburukan yang menjerumuskan ke dalam api neraka kecuali telah dijelaskan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak mungkin menyembunyikan satupun wahyu dari

Allah. Sebab kalaulah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyembunyikannya, tentu beliau disifati dengan khianat, bukan lagi dengan amanah.

Baca Juga:Khutbah Jumat Persiapan Dalam Menyambut Bulan RamadhanTelah Divonis Ketua Panpel Arema Malang

Maka kewajiban kita adalah untuk senantiasa mencukupkan diri dengan Al-Qur’an dan hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Kemudian kita berusaha untuk memahaminya sesuai dengan pemahaman Salafush Shalih.

Karena mereka adalah sebaik-baik orang yang memahami Al-Qur’an dan hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Ketika seseorang tidak merasa cukup dengan Al-Qur’an dan hadits sehingga ia membutuhkan ucapan-ucapan manusia dan pendapat-pendapatnya, ia pasti akan tersesat jalan. Karena sesungguhnya Rasulullah Shallallahu

‘Alaihi wa Sallam telah mencukupkan, beliau bersabda:

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا : كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ

“Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara, selama kalian berpegang kepada dua perkara ini kalian tidak akan tersesat selama-lamanya; Kitabullah dan Sunnahku.” (HR. Malik, Al-Hakim dan yang lainnya)

Saudaraku, cukupkan diri kita dengan terus mempelajari Al-Qur’an, terus kita mengkaji sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Allah telah memudahkan Al-Qur’an untuk dipelajari. Allah berfirman:

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ

“Sungguh Kami telah mudahkan Al-Qur’an untuk dipelajari/diingat, maka adakah orang yang mau mengingatnya?” (QS. Al-Qamar[54]: 22)

Allah Subhanahu wa Ta’ala mengancam orang-orang yang tidak mau mentadabburi Al-Qur’an, bahwa hatinya tertutup mati. Allah berfirman:

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَىٰ قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا

Baca Juga:Ledakan Dilaporkan di Kyiv Tengah dan Di Ukraina dalam Serangan PagiLink!!! Live Streaming Pecinta Liga Tebaik Europa

“Tidakkah mereka mentadabburi Al-Qur’an, ataukah hati mereka telah ada gembok-gemboknya?” (QS. Muhammad[47]: 24)

Saudaraku, Al-Qur’an jangan sampai menyeret kita ke dalam api neraka. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

الْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ

“Al-Qur’an akan menjadi hujjah yang akan membela kamu atau Al-Qur’an akan menjadi hujjah yang akan menyeret kamu ke dalam api neraka.” (HR. Muslim)

0 Komentar