Tanda-Tanda Hari Kiamat, yang Sering dikelirui Banyak Orang!

Tanda-tanda hari kiamat, yang sering dikelirui banyak orang
Tanda-tanda hari kiamat, yang sering dikelirui banyak orang(freepik)
0 Komentar

sumedangekspres– Tanda-tanda hari kiamat, yang sering dikelirui banyak orang, hari kiamat itu pasti terjadi namun toidak bisa kita prediksi kapan terjadinya hari akhir dari semua kehidupan didunia ini. sama hal nya tidak ada satu orang pun di dunia ini yang tahu kapan malaikat maut akan menjemput. Entah itu yang sudah berusia lanjut, dewasa, remaja, anak-anak, bahkan bayi pun dapat mati kapan saja.

Tanda-tanda hari kiamat, yang sering dikelirui banyak orang, pengertian hari kiamat dalam Islam yaitu peristiwa akhir dari seluruh kehidupan yang ditandai dengan hancurnya seluruh alam semesta beserta makhluk yang hidup. Tidak ada satupun makhluk yang tahu atau meramalkan waktu hari kiamat akan terjadi.

Hal ini sebagaimana tercantum dalam QS. al-A’raf ayat 187 yang berbunyi:

Baca Juga:Negara Iran Menangkap Pelaku Kasus Keracunan Massal!Alun-Alun Sumedang, Pusat Kota Sumedang yang Aestetik!

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَـٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةًۭ ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَـٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ ١٨٧
Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku. Tidak ada (seorangpun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

Macam-macam Kiamat
1. Kiamat Sugra

Dalam bahasa Arab, “sugra” artinya kecil. Dalam hal ini, kiamat sugra adalah kehancuran sebagian kecil dari alam semesta. Sederhananya, kiamat sugra dapat dimaknai sebagai hari berakhirnya kehidupan seseorang atau sebagian makhluk di muka bumi.

Dalil mengenai kiamat sugra ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW:

“Jika salah seorang dari kalian meninggal dunia, maka kursinya diperlihatkan kepadanya pada saat pagi-sore hari. Jika ia termasuk ahli surga, maka ia akan melihat jelas gambaran dirinya sebagai ahli neraka. Dikatakan kepadanya, “Ini kursimu hingga Allah membangkitkanmu pada hari Kiamat,” (H.R. Bukhari).

Contoh-contoh kiamat sugra adalah sebagai berikut:

bencana alam seperti : tsunami, gempa bumi, longsor, banjir, atau angin topan merupakan bencana dan kehancuran sebagian orang dan tempat tertentu yang terkena bencana alam tersebut.

0 Komentar