Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Matahari Dengan Mudah, Hanya Menggunakan Media Tanam Polybag

Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Matahari
Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Matahari (Istimewa/Shutterstock)
0 Komentar

 

Pemasangan Mulsa

Jika ditanam di lahan yang luas maka gunakan mulsa plastik perak hitam (MPHP). Bagian yang perak berada di bagian atas. Agar mulsa tidak mudah lepas, tancapkan pasak penjepit bambu di pinggir mulsa tiap 50 cm. Bisa juga jika tidak ingin menggunakan mulsa, maka langsung ditanam pada lubang tanaman yang telah dibuat.

Penanam dalam Pot

Jika Anda ingin menanamnya dalam pot maka gunakan pot yang berukuran 30x30m cm. Campurkan tanah dan pupuk kandang dengan takaran 1: 2 sebagai media tanamnya, bisa juga menggunakan media tanam siap pakai lainnya.

Penanaman

Bibit yang sudah tumbuh dalam tray semai atau polybag disiram terlebih dahulu agar tidak pecah / rusak ketika dikeluarkan untuk pemindahan. Buatlah lubang tanam pada bedengan sedalam 5 cm menggunakan tugal. Usahakan bibit bunga matahari yang ditanam dalam keadaan tegak agar bibit tidak menyentuh permukaan mulsa. Berikan furadan secukupnyan dan tambahkan larutan AB mix sebanyak 250 ml/tanaman sebagai starter solution.

Pemeliharaan

Baca Juga:Cara Budidaya Buah Strawberry di Rumah Dengan Bermodalkan Polybag KecilCara Budidaya Buah Kiwi, Tumbuh Subur Dalam Polybag dan Hemat Space di Halaman Belakang Rumah

Yang terakhir adalah, bibit dari bunga matahari yang mati dan gagal tumbuh sebaiknya dicabut beserta tanahnya dan sulam/gantikan dengan bibit yang baru. Lakukan penyulaman ketika tanaman berusia maksimal 14 hari setelah tanam. Bersihkan gulma secara berkala dan lakukan penyiraman tiap hari atau jika tanaman sudah terlihat mulai kering.

Nah itulah informasi tentang Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Matahari Dengan Mudah, Hanya Menggunakan Media Tanam Polybag.

0 Komentar