Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Matahari Dengan Mudah, Hanya Menggunakan Media Tanam Polybag

Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Matahari
Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Matahari (Istimewa/Shutterstock)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Matahari Dengan Mudah, Hanya Menggunakan Media Tanam Polybag.

Siapa nih yang suka atau gemar makan biji bunga matahari biasanya dikenal dengan nama kuaci?

Kuaci yang sering kamu makan dan biasa kamu beli dengan harga yang sangat murah tersebut ternyata melewati proses pemeliharaan yang sangat banyak lho.

Baca Juga:Cara Budidaya Buah Strawberry di Rumah Dengan Bermodalkan Polybag KecilCara Budidaya Buah Kiwi, Tumbuh Subur Dalam Polybag dan Hemat Space di Halaman Belakang Rumah

Banyak yang suka dengan biji dari bunga matahari ini karena selain harganya yang murah, kuaci juga sangat enak dan bisa menemani kita nonton film dirumah maupun di Bioskop.

Biasanya kamu menemukan tanaman bunga matahari ini dilahan atau tanah yang sangat luas bukan? Atau bisa juga disebut perkebunan yang luas.

Tetapi ada lho beberapa orang yang membudidayakan kuaci ini dengan cara mereka sendiri, contohnya menggunakan media tanam polybag dan media tanam yang lainnya, pastinya tidak memakan banyak tempat.

Bagi kamu yang penasraan dengan proses bagaimana cara menanam bunga matahari dengan baik dan benar simak penjelasan tentang Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Matahari Dengan Mudah, Hanya Menggunakan Media Tanam Polybag.

Pembibitan

Yang pertama harus kamu lakukan adalah siapkan media tanam berupa tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1, campur rata. Media tanam tersebut dimasukkan dalam tray semai/polybag/botol plastik bekas. Semai biji bunga matahari pada tray semai dan letakkan pada tempat yang teduh.

Pengolahan Tanah

Bersihkan lahan dari sisa tanaman dan sampah-sampah. Gemburkan tanah menggunakan cangkul sedalam 30 cm. Buatlah bedengan dengan panjang 10 sampai 15 m, lebar 100 sampai 110 cm, dan tinggi 30-40 cm, dan jarak antar bedengan 50 cm. Berikan pupuk dasar, pupuk kandang, dan kapur.

Pemberian Pupuk Kandang

Pemberian pupuk kandang sebanyak 0,5-1 kg/tanaman. Gunakan pupuk kandang yang telah siap pakai. Aduk hingga tercampur rata dengan tanah bedengan. Biarkan hingga 2 minggu.

Pemberian Pupuk Dasar

Baca Juga:Cara Budidaya Buah Naga di Halaman Belakang Rumah, Bermodalkan Lahan Sempit Jadi Cuan Yang MelimpahCara Budidaya Jambu Air Polybag, Bisa Menghasilkan Banyak Cuan di Halaman Rumah

Apabila tanahnya asam maka berikan dolomit sebanyak 1.5 ton/ha. Berikan pupuk dasar anorganik yakni pupuk majemuk NPK 15:15:15 dengan takaran 700 kg/ha. Bisa juga menggunakan campuran urea sebanyak 500 kg/ha, KCL 400 kg/ha dan SP 36. Sebar dan campurkan merata pada bedengan.

0 Komentar