Mengenal Jenis Tumbuhan Palawija

Mengenal Jenis Tumbuhan Palawija
0 Komentar

sumedangekspres- Mengenal Jenis Tumbuhan Palawija. Tanaman palawija merupakan tanaman semusim pada lahan kering. Banyak tanaman palawija yang dibudidayakan petani. Salah satu ciri-ciri tanaman palawija adalah jenisnya sangat banyak dan sebagian besar merupakan tanaman pangan pengganti padi. Manfaat tanaman palawija adalah menjaga produksi komoditas pangan di musim kemarau dan sumber makanan yang beragam dan bergizi.

Apa saja contoh dari tanaman palawija?

Berikut ini merupakan beberapa tanaman palawija dan manfaatnya, di antaranya dapat kalian simak di Mengenal Jenis Tumbuhan Palawija berkut:

1. Kentang

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu jenis tumbuhan yang tergolong umbi-umbian ini? kentang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat. Kentang memiliki banyak mengandung gizi yang baik bagi tubuh.

2. Kacang Hijau

Baca Juga:Manfaat Cabai Rawit Bagi Kesehatan TubuhManfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh

Tak hanya umbi, kacang hijau juga termasuk tanaman palawija, Kids. Kacang hiau juga dapat diolah menjadi sajian yang lezat seperti bubur kacang hijau. Kandungan mineral dan vitamin pada kacang hijau dimanfaatkan sebagai makanan penambah darah untuk atasi anemia.

3. Jagung

Jagung merupakan salah satu tanaman palawija dan pengganti padi. Jagung bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Menurut penelitian, rutin mengonsumsi jagung sebagai nasi putih dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

4. Singkong

Jenis umbi-umbian yang termasuk dalam tanaman palawija adalah singkong. Singkong dapat dimanfaatkan untuk mencegah sembelit. Manfaat ini berasal dari kandungan pati resisten yang termasuk serat. Nah, jenis serat ini berguna untuk membantu kelancaran pencernaan sehingga mencegaj sembelit.

5. Wortel

Salah satu tanaman palawija yang memiliki warna mencolok dan mengandung vitamin adalah wortel. Wortel bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata. Wortel mengandung banyak vitamin A, lutein, dan zeaxanthin. Di samping itu juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata. Nah, demikianlah informasi mengenai Mengenal Jenis Tumbuhan Palawija, berserta marfaatnya bagi tubuh.

0 Komentar