Benarkah Jaringan 5G Berbahaya? Apa Dampak Negatif 5G?

Benarkah Jaringan 5G Berbahaya? Apa Dampak Negatif 5G?
Benarkah Jaringan 5G Berbahaya? Apa Dampak Negatif 5G? (Pinterest Adobe Stock)
0 Komentar

sumedangekspres – Jaringan 5G adalah generasi ke-5, dimana kecepatannya lebih cepat dari pendahulunya yaitu 4G. Saat ini banyak peminatnya untuk ikut merasakan kecepatan jaringan tersebut. Namun bagaimana dengan dampak negatif 5G?

Teknologi 5G ini memiliki internet yang super cepat yang merupakan generasi ke-5 sudah sejak tahun 2021 lalu. Untuk saat ini jaringan internet 5G sudah dapat kamu nikmati di Indonesia.

Namun sedang ramai bahwa ada tanggapan jaringan 5G ini berbahaya, hal tersebut memang disampaikan oleh sejumlah ahli dan ada pula para ahli yang membantahnya.

Baca Juga:10 Daftar Smartphone 5G Termurah di IndonesiaKapan 5G Merata di Indonesia?

Jaringan 5G tersebut sudah mulai beroperasi di beberapa wilayah Indonesia. Tetapi di balik kemudahan dan kecepatan yang dibawa ada yang menganggapnya mempunya dampak negatif.

Dampak negatif akbiat jaringan 5G ini masih menjadi pro kontra. Namun, beberapa pihak yang salah satunya adalah World Healt Organization (WHO) menghawatirkan bilamana dampak tersebut akan terjadi.

Dampak negatif 5G yang ditimbulkan memang menghawatirkan dibandingkan dengan dampak positif yang didapatkan dengan segala kemudahan dan kecepatan akses internet.

Berikut penjelasannya. Jaringan 5G sudah hadir di Indonesia dengan ditandai peluncuran layanan 5G Telkomsel pada Kamis (27/5/2021).

Operator pelat merah ini merupakan vendor pertama di Indonesia yang menyediakan jaringan 5G. Kendati sudah beroperasi di Indonesia, jangkauan layanan 5G Telkomsel masih terbatas di wilayah tertentu, yakni Jabodetabek.

Area layanan 5G Telkomsel tersebut untuk sementara menjangkau enam lokasi, yakni Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra dan Alam Sutera.

Telkomsel menggunakan pita 2,3 Ghz sebagai data plane untuk memberi layanan 5G. Sejumlah ponsel sudah bisa terhubung dengan jaringan 5G Telkomsel.

Baca Juga:Apa Itu ChatGPT dan OpenAI Serta Manfaatnya dalam Bisnis?Sedang Ramai Dibicarakan Apa itu ChatGPT?

Antara lain Oppo Reno5, Oppo A74 5G, Oppo Find X2, Oppo Find X2 Pro, Samsung Galaxy A33 5G, Vivo X60 5G, Vivo X60 Pro 5G dan Vivo V21 5G.

Jaringan 5G memang sangat membantu dalam aktivitas internet karena menghadirkan kecepatan data yang lebih tinggi dari 4G. Kecepatan ideal 5G bisa mencapai 10 Gbps (gigabits per second, dengan latensi atau keterlambatan 4 hingga 5 milidetik.

0 Komentar