Mengenal Jurusan PGSD UPI Kampus Sumedang 2023

Mengenal Jurusan PGSD UPI Kampus Sumedang 2023
Mengenal Jurusan PGSD UPI Kampus Sumedang 2023 (Istimewa/Sumedang Tandang)
0 Komentar

Perubahan selanjutnya, SGA berubah lagi menjadi SPG (Sekolah Pendidikan Guru) Negeri Sumedang. Dan ketika SPG Negeri Sumedang pindah ke kampus yang sekarang menjadi SMA Negeri 2 Cimalaka, kampus bekas SPG Negeri ini berubah fungsi menjadi kampus Sekolah Guru Olahraga (SGO) Negeri Sumedang.

Awal tahun 1990-an, pemerintah melakukan penataan program pendidikan tinggi dengan menerapkan multiprogram dan multistrata. Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 0854/O/1989 tanggal 30 Desember 1989 dan SK Dirjen Dikti No.178–Dikti/Kep/1990 tanggal 16 April 1990, SPG/SGO dan SGPLB ditingkatkan kualifikasinya menjadi Program Diploma II Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Berdasarkan dua hal tersebut, SGO Negeri Sumedang beralih fungsi menjadi Unit Pelaksana Pendidikan (UPP) Diploma II PGSD dan diintegrasikan menjadi bagian dari IKIP Bandung yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

Integrasi ini tidak hanya melibatkan SGO Negeri Sumedang saja, namun juga melibatkan beberapa kampus SPG di daerah lainnya seperti SPG Negeri Cibiru, Purwakarta, Tasikmalaya, dan SPG Serang. Sebagai Unit Pelaksana Pendidikan (UPP) PGSD Sumedang, secara Struktur Organisasi Kelembagaan diatur oleh Fakultas Ilmu Penddikan IKIP Bandung. Mengenal Jurusan PGSD UPI Kampus Sumedang 2023.

Baca Juga:Prospek Lulusan Ilmu Sejarah Membanggakan UNAIRPeluang Jurusan Yang Sepi Peminat Di UNAIR 2023

Mulai tahun akademik 2006/2007, Sekolah Pascasarjana UPI menyelenggarakan tiga Program Magister (S2) di tiga Kampus UPI di Daerah. Salah satunya adalah Program Magister Adminitrasi Pendidikan di Kampus UPI Daerah Sumedang. Program S2 di kampus UPI di daerah ini bukan merupakan kelas jauh karena dikelola langsung oleh Sekolah Pascasarjana UPI. Semua perkuliahan diasuh oleh dosen SPs dan mengacu pada kurikulum, standar perkuliahan dan penilaian yang sama seperti di kampus induk Bumi Siliwangi.

0 Komentar