Mengenal Jurusan PGSD UPI Kampus Sumedang 2023

Mengenal Jurusan PGSD UPI Kampus Sumedang 2023
Mengenal Jurusan PGSD UPI Kampus Sumedang 2023 (Istimewa/Sumedang Tandang)
0 Komentar

sumedangekspres – Mengenal Jurusan PGSD UPI Kampus Sumedang 2023. Jurusan PGSD di Sumedang kini ada di Kampus perguruan tinggi negeri UPI Sumedang.

Prodi PGSD KAMPUS SUMEDANG UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA merupakan kelompok Prodi SOSHUM untuk Program Sarjana (S1). Daya tampung tahun 2023 untuk SBMPTN adalah sejumlah 110 mahasiswa, sedangkan untuk SNMPTN adalah sejumlah 60 mahasiswa.

Kapasitas penerimaan jalur SBMPTN / UTBK tahun 2023 adalah sejumlah 110 mahasiswa (sekitar 13.35% terhadap jumlah peminat tahun sebelumnya). Tahun 2022 tercatat sejumlah 824 pendaftar.

Baca Juga:Prospek Lulusan Ilmu Sejarah Membanggakan UNAIRPeluang Jurusan Yang Sepi Peminat Di UNAIR 2023

Sedangkan untuk jalur penerimaan SNMPTN tahun 2021 adalah sejumlah 60 mahasiswa (sekitar 9.26% terhadap jumlah peminat tahun sebelumnya). Tahun 2021 tercatat sejumlah 648 pendaftar.
UPI Kampus Sumedang merupakan sebuah kampus daerah dari Universitas Pendidikan Indonesia yang berlokasi di kota Sumedang.

Sebagai kampus daerah dari UPI Bandung, UPI Kampus Sumedang menjadi salah satu Unit Pelaksana Pendidikan (UPP) yang secara struktur organisasi kelembagaan diatur oleh Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung. UPP ini menyelenggarakan pendidikan jenjang Diploma II PGSD dan PGTK. Mengenal Jurusan PGSD UPI Kampus Sumedang 2023

Jauh sebelum menjadi menjadi bagian dari kampus daerah, UPI Kampus Sumedang merupakan Sekolah Guru B (SGB) Negeri 2 Sumedang dan SGB Negeri 5 Sumedang yang berdiri semenjak jaman revolusi. SGB Negeri ini melengkapi daftar SGB Negeri lain yang berada di kota Sumedang seperti SGB Negeri 1, SGB Negeri 3 dan SGB Negeri 4 Sumedang. Pada tahun 1956/1957 SGB Negeri yang berada di kota Sumedang tersebut tidak menerima murid atau siswa baru khususnya kelas 1.

Dan gedung bekas SGB Negeri tersebut akan diubah fungsinya menjadi gedung sekolah lain, ada yang berubah menjadi gedung SMP, SGA, SMEP dan SMA Negeri. Dan pada tahun 1959/1960, setelah SGB Negeri tidak memiliki murid lagi, status SGB Negeri 2 dan SGB Negeri 5 berubah menjadi gedung Sekolah Guru A (SGA) Negeri Sumedang.

Perubahan ini mempengaruhi jenjang pendidikan dari sekolah guru tersebut. Sekolah Guru B atau SGB merupakan lembaga pendidikan guru yang setara dengan sekolah menengah pertama. Lembaga ini menerima siswa dari lulusan Sekolah Dasar dan lama pendidikannya selama empat tahun serta lulusannya menjadi Guru SD. Sementara Sekolah Guru A setara dengan sekolah menengah atas yang menerima siswa dari lulusan SMP dan SGB. Lama pendidikan SGA adalah tiga tahun dan lulusannya menjadi Guru setingkat SMP (SMP, ST, SMEP dan SGB).

0 Komentar