PGSD UPI Kampus Sumedang Gelar Sertifikasi Kompetensi bagi Mahasiswa

PGSD UPI Kampus Sumedang
Caption: Kaprodi PGSD UPI Kampus Sumedang, Dr. Julia S. Pd., M. Pd. Saat di temui Sumeks di ruang kerjanya.
0 Komentar

KOTA –  Sebanyak 160 Mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UPI Kampus Sumedang mengikuti kegiatan Uji kompetensi. Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Kelas Lab. Komputer UPI Kampus Sumedang, yang dimulai hari Selasa (14/3) sampai Jumat (17/3).

Kepala Prodi PGSD UPI Kampus Sumedang Dr. Julia S.Pd., M.Pd. mengatakan, tahun ini sertifikasi kompetensi untuk mahasiswa baru pertama kali diselenggarakan di Prodi PGSD. Sementara di prodi-prodi lainnya sudah ada yang biasa melaksanakan. Seperti di Prodi Keperawatan, yang tiap tahun harus uji kompetensi, jadi otomatis Mahasiswa sudah memiliki sertifikat kompetensi.

“Untuk Prodi PGSD sendiri itu kan belum pernah ada sebelumnya, tujuan dari uji kompetensi ini sebenarnya untuk meningkatkan kompetensi mahasiswanya sendiri. Supaya mereka lebih siap untuk memasuki dunia kerja, karena kebetulan yang mengikuti sertifikasi itu Mahasiswa tingkat akhir,” ucapnya.

Baca Juga:Kisah Nabi Yussuf AsArti Makna Dan Nama-Nama Wali Songo

Selain itu, lanjut Dr Julia, kepentingan dari Sertifikasi Kompetensi ini yaitu untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas. Sementara IKU yang harus dicapai diantaranya, poin tentang perolehan sertifikat kompetensi baik dari Dosen maupun dari Mahasiswa, yakni yang pihaknya selenggarakan saat ini.

“Untuk pencapaian IKU tersebut kita mulai dari Mahasiswa tingkat akhir dulu, karena sebentar lagi mau sidang skripsi. Nanti setelah itu, kita adakan sertifikasi untuk Dosen-dosennya. Jadi kegiatan ini nanti akan berlanjut, sepanjang sertifikat kompetensi itu masuk ke dalam poin IKU. Pastinya tiap tahun kita usahakan, supaya Mahasiswa ataupun Dosen mendapatkan sertifikat tersebut,” jelas Dr Julia.

Lebih jauh Dr julia menuturkan, biasanya Sertifikat Kompetensi berlaku sekitar tiga tahun, jadi untuk para Dosen jika tahun ini mengenai sertifikasi Microsoft, kemungkinan untuk tahun besok, kalau mau dapat sertifikat lagi berarti, harus uji kompetensinya bidang yang lain. Jika memang mau tiap tahun untuk Dosennya, kecuali nanti menunggu sampai tiga tahun habis masa berlakunya, baru nanti Uji kompetensi lagi di kompetensi yang sama, jadi itu saja dulu.

0 Komentar