Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Hal 150-152 Kurtilas!

Kunci Jawaban IPA kelas 9 hal 150-152 kurtilas
Kunci Jawaban IPA kelas 9 hal 150-152 kurtilas(kherysuryawan.id)
0 Komentar

Jawaban: Iodin (I) merupakan satu diantara zat penyusun tubuh manusia. Fungsinya untuk meningkatkan laju metabolisme yang menghasilkan energi, mengatur pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf dan sistem rangka (otot dan tulang), serta menjaga tekanan darah. Sehingga jika tubuh kekurangan iodin, maka manusia akan terserang penyakit gondok.

3. Mengapa bahan yang terbuat dari stirofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan? Jelaskan!

Jawaban: Karena stirofoam mengandung senyawa kimia polistirena yang dapat memicu tumbuhnya kanker. Selain itu, stirofoam juga tidak tahan panas jadi apabila terkena panas yang cukup tinggi, maka plastik akan rusak sehingga senyawa polistirena akan tercampur ke dalam makanan.

Baca Juga:Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 280-283!Destinasi Unik Sumedang, Bisa dijadikan Tujuan Ngabuburide!

4. Perhatikan kabel listrik berikut.
Sebutkan beberapa bahan yang sesuai digunakan untuk membuat kabel listrik tersebut. Jelaskan sifat fisika dan kimia yang mendukung pemilihan bahan tersebut!

Jawaban:
a. Isolator terbuat dari plastik. Sifat fisika plastik yakni rapat, elastis, dan tidak dapat menghantarkan listrik. Sementara sifat kimia plastik yakni stabil, tidak mudah bereaksi, dan tidak mudah berkarat.
b. Konduktor terbuat dari logam tembaga. Sifat fisika tembaga yakni rapat, keras, memiliki daya hantar listrik yang baik, serta memiliki titik leleh yang tinggi. Sementara sifat kimia tembaga yakni stabil,tidak mudah bereaksi, dan tidak mudah berkarat.

5. Intan dan grafit merupakan zat yang sama-sama tersusun atas atom karbon. Jelaskan apa perbedaan antara intan dan grafit beserta penyebabnya!

Jawaban:
Perbedaan antara dua zat tersebut adalah Intan memiliki sifat yang sangat keras sedangkan pada Grafit memiliki sifat mudah patah. Hal ini disebabkan karena terdapat pada perbedaan susunan atom karbon, di mana pada intan tiap atom karbon mengikat empat atom karbon lainnya dengan ikatan kovalen membentuk struktur tetrahedral. Sedangkan pada grafit, atom karbon berikatan dengan tiga atom C lainnya yang membentuk lapisan heksagonal.

Itulah Kunci Jawaban IPA kelas 9 hal 150-152 kurtilas. Semoga bermanfaat!

0 Komentar