Suatu Rumus Gaya Tegangan Tali

Suatu Rumus Gaya Tegangan Tali
Suatu Rumus Gaya Tegangan Tali(idschool)
0 Komentar

sumedangekspres – Kali ini kami akan memberikan bahasan Suatu Rumus Gaya Tegangan Tali Berikut Contoh Penerapannya.

Tentu Anda sudah tahu bahwa benda masif apa pun di Bumi akan selalu menerima gaya gravitasi yang

mengarah ke bawah menuju pusat Bumi . Dengan kata lain, setiap benda yang bebas di udara pasti akan jatuh ke tanah karena gravitasinya.

Baca Juga:Mimpi Dompet Hilang,Apakah Akan Terjadi Sesuatu?Keutamaan,dan Amalan Puasa Di Bulan Ramadhan

Gaya gravitasi ini selalu bekerja pada benda dan tidak pernah hilang. Gravitasi masih bekerja suatu rumus gaya tegangan tali.

Jawabannya adalah karena gaya normal pada benda yang sama dengan beratnya bekerja berlawanan arah, sehingga gaya totalnya nol.

Menurut hukum I Newton, yang menyatakan bahwa benda diam bila resultan gayanya nol. Nah pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana dengan benda-benda yang digantungkan pada tali?

Tentu saja, ketika benda digantung pada tali, tidak ada gaya normal, sedangkan gravitasi tetap bekerja. Mengapa benda tidak bergerak?

Ketika sebuah benda digantung pada tali, gaya tarik pada tali bekerja ke atas (melawan arah gravitasi). Saat benda diam, tegangan tali sama dengan berat benda.

Dengan demikian, hukum pertama Newton berlaku.

Pengertian tegangan tali

Sebuah benda yang diikat dengan tali dan digantung secara vertikal atau ditarik secara horizontal selalu memberikan gaya tarik pada tali tersebut.

Tegangan tali adalah gaya yang bekerja ketika tali berada di bawah tegangan. Simbol tegangan tali adalah T (Tegangan) dan satuannya adalah Newton.

Baca Juga:Sekilas Spesifikasi Daihatsu SigraSekilas Spesifikasi Daihatsu Sirion

Arah gaya tarik tali ini tergantung pada benda yang ditinjau, bisa ke atas, ke bawah, ke kanan, ke kiri atau membentuk sudut tertentu.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengertian tarik tali adalah sebagai berikut.

Tegangan tali atau gaya tarik adalah gaya pada saat tali mengalami tegangan. Ketegangan pada tali dilambangkan dengan huruf kapital T dan satuannya adalah Newton.

Arah tegangan tali tergantung pada titik atau objek yang ditinjau.

0 Komentar