Apa Itu Freelancer Data Entry? Pengertian, Tugas dan Perannya

Apa Itu Freelancer Data Entry? Pengertian, Tugas dan Perannya
Apa Itu Freelancer Data Entry? Pengertian, Tugas dan Perannya (seoclerk.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Profesi sebagai freelancer sudah tidak asing di telinga kita, dan mungkin diantara kita sedang menjalani profesi ini.

Freelancer kini menjadi populer di kalangan mahasiswa yang ingin menambah penghasilan dengen mengambil pekerjaan sambilan.

Freelancer merupakan pekerja lepas yang tidak terikat denga atasan ataupun perusahaan, karena itulah kamu harus mengurus dirimu sediri.

Baca Juga:Situs Online Terbaik Kursus Mengetik 10 Jari Khusus untuk Data Entry!Perbedaan Data Entry dan Admin, Apa Saja?

Berbeda dari pekerja kantoran kamu menentukan waktu jam kerja dan loka hingga klien kamu secara sendiri lho, karena tidak adanya atasan yang mengatur semuanya.

Bagi yang belum tau apat itu data entry sebenarnya tetapi kamu tertarik untuk mempelajarinya maka simak artikel berikut.

Definisi Data Entry

Data entry merupakan pekerjaan yang tugasnya yaitu memasukkan dan memperbarui dat adan informasi ke dalam database.

Pekerjaan data entry ini merupakan pekerjaan yang bersifat administratif. Posisi inisangat dibutuhkan oleh perusahaan berskala besar maupun kecil.

Sebagai data entry biasanya bertugas seperti menuliskan catatan rapat, memasukkan data ke database, dan menambahkan angka penjualan.

Biasanya data entry ini ini bekerja di berbagaiindustri seperti kesehatan, transportasi, keuangan, dan lainnya.

Selain itu data entry dapat dilakukan secara jaak jauh atau melalui rumah. Dengan adanya internet membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

Baca Juga:Berikut Adalah Tanggung Jawab Seorang Freelancer Data Entry!Kamu Harus Tau! Berikut Tips untuk Menjadi Freelancer Data Entry!

Hal tersebutlah yang membuat pekerjaan ini banyak diminati  untuk menjadi pekerjaan sampingan atau juga sering disebut dengan freelancer.

Dan juga didukung dengan adanya banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk data entry untuk posisi full time maupun part-time.

Tugas dan Peran Data Entry

Tugas dan pekerjaan yang dilakukan Data Entry bisa berbeda-beda tergantung bidang industri dan perusahaan,  berikut merupakan beberapa tugas Data Entry:

  1. Memasukkan data pelanggan dalam bentuk dokumen, dan memeriksanya untuk memastikan keakuratan data yang telah dimasukan.
  2. Menyortir data dan informasi sebelum dimasukkan ke komputer
  3. Menguji sistem database baru dan pembaruan perangkat lunak
  4. Memindai dokumen dan file lain yang diperlukan
  5. Memeriksa dan memperbaiki kesalahan data atau dokumen
0 Komentar