Bina Ramadan di SMPN 4 Sumedang

SEMANGAT : Tengah  Kepala Sekolah SMPN 4 Sumedang, Soni Darma Jatnika di dampingi Wakasek Kurikulum dan Wakasek Kesiswaan pada pentas parcel kreasi siswa kelas 9.
SEMANGAT : Tengah  Kepala Sekolah SMPN 4 Sumedang, Soni Darma Jatnika di dampingi Wakasek Kurikulum dan Wakasek Kesiswaan pada pentas parcel kreasi siswa kelas 9. (achmad/Sumeks)
0 Komentar

sumedangekspres, Kota– Mengacu pada intruksi dan arahan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Sumedang, yang melalui surat edarannya menyampaikan bahwa Sekolah Tingkat Menengah harus menyelenggarakan kegiatan Bina Ramadan. Maka Tim Patsus Satu SMPN 4 Sumedang segera menindak lanjutinya dengan cepat.

Hal ini disampaikan Kepala Sekolah SMPN 4 Sumedang, Soni Darma Jatnika SPd Bio., melalui Wakasek Bid Kurikulum, Ana Suryana S.Pd.

“Sesuai aturan arahan dan jadwal dari Disdik kegiatan Bina Ramadan, di sekolah kami sudah berjalan dari hari Senin (27/3). Minggu pertama untuk kelas 9 sementara untuk kelas 7 dan 8 itu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) biasa tapi jam pelajaranya dikurangi,” katanya.

Baca Juga:Rekomendasi Menu Buka Puasa Dengan Sayuran dan Nasi Goreng SpesialRekomendasi Menu Sahur Sederhana, Masakan Sederhana Buat Keluarga Tercinta

Lanjut Ana, Minggu kedua Bina Ramadan untuk kelas 8 sementara kelas 7 dan 9 KBM biasa, Minggu ketiga Bina Ramadan kelas 7 sementara kelas 8 dan 9 KBM biasa.

Akhirnya lanjut Ana, setelah tim Patsus satu rapat diskusi maka kami menetapkan tiga tujuan dar kegiatan Bina Ramadan. Pertama anak setelah kegiatan Ramadan ini punya kemampuan di bidang pengetahuan tentang agama Islam,

“Kedua siswa juga setelah kegiatan Bina Ramadan ini mempunyai keterampilan. Tujuan yang ketiga siswa punya akhlak mulia, dengan cara dengan semua materi yang diterapkan,” Jelasnya.

Lebih jauh Ana menjelaskan terkait materi,  pertama pengetahuan tentang pemahaman agama Islam pihaknya selenggarakan tiga hari, mulai hari Senin sampai Rabu. Sedangkana materinya meliputi, Alquran hapalan surat- surat pendek, Akhlak, Sejarah Islam.

“Materi yang kami berikan, diharapkan bisa memberikan pemahaman secara intelektual pada siswa tentang Agama Islam,” ujarnya

Terkait tujuan yang kedua yaitu setelah kegiatan Bina Ramadan, siswa mempunyai keterampilan penulisan pembuatan kartu ucapan dan pembuatan parcel. Khusus untuk pembuatan kartu ucapan itu kreasinya dibuat melalui aplikasi media, dikirimkan ke guru wali kelas yang lewat yang nantinya dinilai oleh tim penilai.

“Untuk hari Kamis, kami laksanakan kreasi pembuatan parcel. Mudah-mudahan dengan diselanggarkannya pembuatan parsel, minimal setelah lulus itu para siswa bisa merangkai parcel sendiri,” jelasnya.

Baca Juga:Rekomendasi Menu Buka Puasa Sederhana, Resep Nasi Goreng Spesial Toping Rendang AyamTempat Populer Subang, Nomor 1 Dekat Dengan Alun Alun Kota Subang?

Untuk biaya pembuatan parcel sendiri perkelas dibagi kelompok. Satu kelompok terdiri dari enam orang dengan kreasi bebas, tetapi tidak menggunakan biaya yang tinggi hanya kue kue jajanan warung.

0 Komentar