Resep Emping Cocok untuk Menu Lebaran

Resep Emping Cocok untuk Menu Lebaran
0 Komentar

sumedangekspres- Emping merupakan camilan yang terbuat dari biji melinjo. Masyarakt Indonesia sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Selain rasanya renyah, lezat dan khas dari buah melinjo membuat makanan ini digemari olegh beberapa orang. Makanan yang identik dimakan untuk pengkap atau pengganti kerupuk ini dapat dengan mudah kalian buat sendiri di rumah loh, berikut resepnya: Resep Emping Cocok untuk Menu Lebaran

Bahan:
Buah melinjo

Cara membuat:

  1. Kupas buah melinjo hingga bersih dan simpan terlebih dahulu selama satu hari.
  2. Setelah didiamkan sehari, sangrai (gongseng) melinjo pada wajan dan pasir yang sudah dipanaskan.
  3. Saat proses penggongsengan, biarkan biji melinjo berwarna warna menjadi hitam dan panas. Jika warnanya sudah menghitam, angkat dari wajan. Lalu pecahkan kulit melinjo hingga tersisa hanya satu biji bagian dalam yang berwarna putih.
  4. Setelah itu letakkan biji melinjo di atas talenan kemudian pukul biji tersebut menggunakan palu sampai pipih dan menjadi bentuk emping. Selanjutnya, dinginkan terlebih dahulu sambil menatanya di suatu wadah.
  5. Kemudian jemur emping ke tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Jika cuaca sedang cerah maka kamu bisa menjemurnya sekitar 2 jam saja.
  6. jika sudah kering, emping bisa langsung digoreng dan disajikan. Rasa emping melinjo cukup khas, yaitu gurih dan cenderung pahit, namun disitulah kelezatannya.

Itu tadi cara membuat emping, kalian bisa membuatnya sendiri. Bahkan bisa menjadi ide jualan untuk lebaran. Resep Emping Cocok untuk Menu Lebaran

0 Komentar