SD Karapyak I Gelar Pesantren Ramadan

ANTUSIAS: Murid kelas 5 dan 6 SD Karapyak I Sumedang, mengikuti Pesantren Kilat Ramadan yang diselenggarakan pihak sekolah.
ANTUSIAS: Murid kelas 5 dan 6 SD Karapyak I Sumedang, mengikuti Pesantren Kilat Ramadan yang diselenggarakan pihak sekolah. (Achmad/Sumeks)
0 Komentar

sumedangekspres, Kota – Pesantren kilat yang digelar SD Karapyak I Sumedang diikuti para siswanya dengan antusias. Tujuan dari program pesantren kilat selama bulan suci Ramadan adalah untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan dan meningkatkan ketakwaan para siswa kepada pencipta.

Hal ini disampaikan Kepala Sekolah SD Karapyak I Sumedang Eva Walipah MPd. Kepada Sumeks baru – baru ini. Dikatakanya, Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan  dimulai pada Senin (27/3) bertempat di ruangan Madrasah Mesjid At- Taqwa Karapyak.

Dengan jadwal pelaksanaan bergantian, minggu pertama dilaksanakan untuk kelas 5 dan kelas 6. Sedangkan Minggu kedua untuk kelas 4 dan kelas 3, untuk minggu terakhirnya kelas 1 dan kelas 2.

Baca Juga:Resep Bubur Kacang Spesial Ketan Hitam, Santan Kental dan ManisRekomendasi Menu Takjil Spesial Minuman dan Makanan Dingin

“Kami melakukan sistem penjadwalan pada kegiatan Pesantren Kilat Ramadan, hal ini karena sekolah kami kekurangan empat ruangan kelas belajar, jumlah rombongan belajar (rombel) di SD Karapyak I semua ada 12 rombel. Sementara ruangan kelas belajar ada 8. Karena hal itu dalam pelaksanaan Pesantren Kilat Ramadhan ini kami bekerjasama dengan  DKM Mesjid At-Taqwa di depan sekolah, dan alhamdulillah resfon dari DKM Mesjid At – Taqwa cukup baik,” ucapnya.

Adapun jadwal materi pada Pesantren Kilat Ramadan di SD Karapyak I, diantaranya Tadarus, Sholat Dhuha, Pengenalan Sejarah Islam, Tajwizd, Asma ulhusna dan lainya. Semuanya merupakan pembiasaan-pembiasaan yang bebasis Agama Islam.

“Bagi siswa kelas 1 sampai kelas 4, yang minggu ini belum mengikuti Pesantren Kilat  Ramadan. Mereka belajar biasa di ruang kelas dengan materi yang menitik beratkan pada bidang pembelajaran Agama. Selam bulan Ramadan untuk tiap jam belajarnya di kurangi lima menit untuk satu mata pelajaran,” katanya.

Eva berharap, pihak sekolah kedepan diharapkan anak-anak mempunyai nilai karakter dan akhlak  yang baik. Bisa menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, hormat kepada guru, serta bisa menerapkan nilai-nilai karakter yang baik baik di sekolah atau dirumah, katanya.

“Intinya harapan saya anak-anak SD Karapyak I itu memiliki karakter yang baik. Yang sesuai dengan visi misi SD Karapyak I Sumedang yaitu SAKTI, SAKTI kepanjangan dari Santun, Agamis,  Kreatif Terdepan dalam prestasi, dan Inovatif,” ujarnya.

0 Komentar