Tantangan Menjadi Seorang Freelancer, Wajib Tahu!

Tantangan Menjadi Seorang Freelancer, Wajib Tahu!
Tantangan Menjadi Seorang Freelancer, Wajib Tahu! (graffica.info)
0 Komentar

Tentunya hal ini merupakan tantangan tersendiri, terutama bagi kamu para freelancer pemula.

Jadi saat kamu melakukan proses negosiasi usahakan bisa membuat client tertarik untuk menyewa jasamu serta tidak keberatan dengan harga yang kamu tawarkan dalam jasa.

Tantangan lain dalam negosiasi adalah ketika kamu mendapatkan client dari luar negeri yang notabene culture dan bahasa tentu berbeda dengan kita.

2. Client Meminta Terlalu Banyak Revisi

Baca Juga:Tantangan Menjadi Content Writer, Simak Penjelasannya!Tren Baru dalam Dunia Penerjemahan: Bagaimana AI Mempengaruhi Industri Freelance Penerjemah

Biasanya hal yang paling tidak disukai dalam dunia freelance adalah ketika menemukan client yang meminta terlalu banyak revisi.

Kamu bisa bayangkan ketika client selalu meminta perubahan terhadap projects yang sedang berjalan.

Meskipun dalam projects brief yang diberikan sudah jelas namun biasanya client ketika pekerjaan sudah selesai sesuai brief yang diminta malah meminta berubah.

Hal ini tentunya merupakan salah satu tantangan yang mungkin sebagian besar dari freelancer pemula belum mengetahui atau merasakannya.

Oleh karena itu untuk menghindari client terlalu banyak meminta revisi maka, kamu bisa menentukan batas Revisi dalam pengerjaan project.

Hal ini juga bertujuan agar pengerjaan project akan selesai sesuai dengan batas waktu yang sudah disepakati bersama.

Namun, jika memang client meminta revisi diatas batas maksimal maka kamu bisa mematok harga atas revisi yang kamu kerjakan.

3. Pembatalan Jasa Ditengah Pengerjaan

Baca Juga:Kunci Sukses Menjadi Freelancer TerjemahanMenemukan Klien Terbaik sebagai Freelancer Penerjemah

Hal yang saat tidak lucu seperti pembatalan projects tentunya menjadi salah satu tantangan yang mungkin harus dihadapi para freelance pemula.

Ada sebagian kasus dalam freelance yang mana client membatalkan project yang mereka beri meskipun sudah kita kerjakan.

Hal ini tentunya akan merugikan kita sebagai freelancer karena telah mengorbankan waktu dan tenaga dalam mengerjakan projects yang berhasil nol besar karena di cancel.

Untuk bisa menghindari hal yang tidak diinginkan ini, kamu bisa meminimalisir nya dengan cara sebelum kamu mengerjakan projects dari client, kamu bisa meminta uang dp terlebih dulu.

0 Komentar