Bina Ramadan SMPN 8 Sumedang

Antusias: Para Siswa SMPN 8 Sumedang saat mengikuti Kegiatan Bina Ramadan di sekolah.
Antusias: Para Siswa SMPN 8 Sumedang saat mengikuti Kegiatan Bina Ramadan di sekolah. (Achmad/Sumeks)
0 Komentar

sumedangekspres, Kota – Kegiatan Bina Ramadan atau Pesantren kilat di SMP Negeri 8 Sumedang dilaksanakan dengan kolaborasi. Yakni kolaborasikan Petunjuk teknis (Juknis) yang disampaikan Dinas Pendidikan (Disdik), dengan kebijakan yang ada di sekolah.

Hal ini di sampaikan Kepala Sekolah SMPN 8 Sumedang, Hj Yeti Semiasi S,Pd. Melalui Wakasek Kesiswaan Saepuloh SPd I. Dikatakanya, untuk waktu pelaksanaan kegiatan Bina Ramadan SMPN 8 Sumedang, mengacu kepada ketentuan Disdik.

“Tiga pekan di bulan Ramadan dibagi tiga kelompok, yaitu pekan pertama kelas 9, pasang kedua kelas 8, dan pekan ketiga kelas7,” ucap Saepuloh.

Baca Juga:Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Lupa Semuanya Dengan Mudah, Tanpa Membayar Jasa Buka Akun!Resep Bakwan Sayur Renyah Sederhana, Rekomendasi Resep Makanan Rumahan

Saepuloh menuturkan, materi yang disampaikan di SMPN 8 Sumedang,  memberikan enam materi khusus untuk siswanya. Diantaranya materi kesatu Islam, kedua mengenal keagungan Allah atau marifatullah.

Ketiga lanjut Saepuloh yaitu materi mengenal sosok Rasulullah terkait dengan suritauladan, keempat materi naungan Alquran atau di bawah naungan Alquran. Kelima materi khusus generasi harapan, dan untuk yang terakhir materi tuntunan bergaul dalam Islam.

“Selain penyampaian materi tadi, di SMPN 8 Sumedang setiap hari dilaksanakan kegiatan pembiasaan. Diawali dengan Sholat Dhuha dan Dzikrullah, setelah itu dilanjutkan dengan Tadarus Al- Qur’an bersama,” katanya.

Rencananya, lanjut dia, untuk pembagian ipstore ( takjilb) pada warga sekitar yang pengumpulanya dari siswa di kolektif oleh Osis dan MPK. Yang akan difokuskan pembagianya pada hari Jumat, (7/4).

“Tujuannya utama dari kegiatan ini yaitu sesuai tema kami  membentuk kepribadian yang disiplin dan berakhlakul kharima. Kemudian menjadikan semua siswa menjadi siswa yang disiplin,” ucapnya.

Lebih jauh dia menuturkan, bulan Ramadan ini, merupakan salah satu momen untuk meningkatkan kedisiplinan. Mudah-mudahan itu membekas di diri para siswa di bulan – bulan lain setelah Ramadan.

“Yang kedua berakhlakul kharimah, yaitu akhlak yang baik yang harus melekat di dalam diri umat Islam,”  pungkasnya. (Ahm)

0 Komentar