Sejarah Berdirinya Kabupaten Majalengka

Sejarah Berdirinya Kabupaten Majalengka
Sejarah Berdirinya Kabupaten Majalengka
0 Komentar

Kepemimpinan Rd. Aria Adipati Suria Adiningrat di Kabupaten Maja yang kemudian diubah menjadi Kabupaten Majalengka ada beberapa versi. Sebagian versi mengatakan bahwa dia memimpin kabupaten itu hingga 1839. Ada juga yang menyebutkan bahwa masa kepemimpinannya hingga 1849.

Merujuk versi kedua, selain menjadi bupati saat pemerintahan masih di Maja, dia juga sempat memimpin saat pusat pemerintahan berganti ke Majalengka.

“Yang jelas berdasarkan keterangan yang ada, setelah jadi bupati Majalengka, dia pindah ke Cirebon untuk kemudian jadi bupati lagi di sana. Periode itu masih di bawah pemerintahan kolonial. Kepemimpinanya di sana cukup singkat, dan akhirnya kembali ke Maja,” jelas Naro Setelah tidak lagi memimpin, Rd. Aria Adipati Suria Adiningrat mengabdikan dirinya untuk mengajar ngaji kepada masyarakat di Maja.

Aktivitas itu dilakukannya hingga akhir hayatnya, pada 1852.

Baca Juga:Sejarah Gunung Bedil SumedangSejarah Gunung Geulis Sumedang

Penyelesaian prasasti yang menunjukkan bahwa Majalengka pendahulu pemerintahan Majalengka mulai tahun 1819 dapat menjadi bahan untuk mempelajari sejarah daerah tersebut. Pasalnya, masyarakat selama ini menganggap Kabupaten Majalengka berusia 528 tahun. Hal ini diketahui dari angka-angka yang terbit tahun lalu pada peringatan hari jadi pemerintahan Majalengka.

Sebaliknya, jika merujuk pada awal pemerintahan penguasa pertama Majalengka dalam dokumen-dokumen lama, usia penguasa tersebut adalah 179 tahun, jauh lebih muda dari yang diketahui masyarakat.

Selain Majalengka kolonial, komunitas ini beberapa kali menjelajahi peninggalan purbakala. Bahkan, ketika penelitian dilakukan oleh para ahli, mereka sering dilibatkan untuk memberikan dukungan.

0 Komentar