Sejarah Gunung Geulis Sumedang

Sejarah Gunung Geulis Sumedang
Sejarah Gunung Geulis Sumedang
0 Komentar

sumedangekspres – Sejarah Gunung Geulis Sumedang sebuah gunung yang terletak di daerah Sumedang, Jawa Barat. Nama Geulis berasal dari bahasa Sunda yang berarti cantik atau elok.

Gunung Geulis memiliki latar belakang sejarah yang menarik, karena dianggap sebagai salah satu tempat bersejarah yang terkait dengan perjalanan sejarah Kerajaan Sumedang Larang.

Menurut legenda, tempat ini merupakan patilasan (Makom) tentara kerajaan Sumedang Larang yang bersembunyi dari kejaran Tentara Cirebon . Selain itu, sejarah Gunung Geulis juga terkait dengan beberapa tokoh sejarah, seperti Prabu Tajimalela dan Sunan Gunung Jati Maulana Syarif Hidayatullah .

Baca Juga:Sejarah Gunung Calancang SumedangSejarah Gunung Kerenceng Sumedang

Meskipun hanya memiliki ketinggian 1.281 MDPL, Gunung Geulis tetap menarik untuk dikunjungi dan menjadi salah satu destinasi pendakian yang populer di daerah Sumedang.

Menurut sejarah, asal-usul nama Gunung Geulis bervariasi. Ada yang mengatakan bahwa nama Gunung Geulis berasal dari cerita atau sasakala mistis yang berkaitan dengan gunung tersebut.

Sementara itu, ada pula yang mengatakan bahwa nama Geulis merujuk pada keindahan alam sekitar Gunung Geulis yang mempesona.Meskipun asal-usul nama Gunung Geulis masih menjadi misteri, tidak dapat dipungkiri bahwa gunung tersebut memang memiliki keindahan yang memukau.

Terletak di dataran tinggi Jawa Barat, Gunung Geulis menawarkan pemandangan yang spektakuler, mulai dari hamparan padang rumput yang hijau hingga hutan-hutan lebat yang memikat hati.Selain itu, Gunung Geulis juga memiliki banyak potensi wisata lainnya, seperti air terjun yang indah, pemandian air panas yang menenangkan, dan trekking yang menantang.

Bagi para pecinta alam dan petualangan, Gunung Geulis merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi jika berada di Jawa Barat.

0 Komentar